BENIH TANAMAN ASPARAGUS

Materi pertanian kali ini akan membahas tentang benih tanaman asparagus dan cara penyemaian bibit asparagus.

Benih Asparagus

Bagaimana cara memilih benih tanaman asparagus / bibit tanaman asparagus unggul ?

Biji asparagus yang digunakan sebagai benih harus berasal dari tanaman induk yang baik pula. Adapun ciri ciri induk varietas asparagus yang unggul adalah :

  • Rebung tebal
  • Berumur tua biasanya lebih dari 2 tahun
  • Tidak rentan terhadap penyakit
  • Pertumbuhannya cepat dan normal
  • Menghasilkan rebung dengan kualitas tinggi

Biji benih asparagus sebaiknya direndam selama 1 hari 1 malam sebelum disemaikan. Hal ini dilakukan agar pelindung atau kulit benih asparagus menjadi lebih lunak. Bibit asparagus yang lunak akan mempercepat pertumbuhan kecambah. Akan lebih bagus lagi kalau benih asparagus di deder dalam sebuah tempat penampungan seperti bak. Gunanya adalah untuk menyeleksi benih-benih unggul dan baik.

Lahan atau tanah tempat penyemaian benih asparagus haruslah digemburkan dan diolah terlebih dahulu. Tanah tersebut biasanya dicampur dengan pasir dan pupuk seperti pupuk kandang sekitar 3 s/d 5 ton per hektarnya. Tak lupa juga kita buat bedengan.

Jarak tanam persemaian bibit asparagus adalah sekitar 30 cm dan 5 s/d 7,5 cm untuk jarak tanam dalam barisnya. Kita juga bisa menambahkan bambu atau kayu papan guna memperkuat pinggiran persemaian akar tanah tidak longsor ketika hujan deras datang.

Adapun perawatan benih asparagus selama proses pertumbuhan adalah sebagai berikut :

  • Melakukan pemupukan dengan pupuk kandang dan Urea/ZA atau TS/DS.
  • Melakukuan penjarangan benih apabila terdapat benih yang tumbuhnya terlalu rapat.

Semoga penjelasan singkat mengenai cara menanam benih tanaman asparagus ini bisa bermanfaat bagi pembaca materipertanian.com Lihat juga jenis asparagus & syarat tumbuh asparagus :)