BUDIDAYA BUAH BIT

Materi pertanian tanaman bit kali ini akan membahas bagaimana cara budidaya buah bit merah & putih.

Budidaya Buah Bit

Bagaimana cara budidaya buah bit / budidaya sayuran bit ?

Pada dasarnya budidaya sayur bit / budi daya tanaman bit tidaklah begitu sulit. Cara menanam buah bit merah ataupun bit putih terbagi dalam beberapa fase antara lain sebagai berikut :

CARA MENANAM BUAH BIT

  1. Pengolahan tanah

Tanah dibajak dan dicangkul cukup dalam, kira-kira 30 cm. Pada saat itu pula sekaligus diberi pupuk kandang sebanyak 1/2 kg setiap m2. Setelah itu tanah dihaluskan dan diratakan.

  1. Pembibitan

Biji tanaman atau benih bit dapat langsung ditanam di tempat penanam­an tanpa disemaikan lebih dahulu. Namun demikian hingga dewasa ini biji bit masih harus didatangkan dari luar negeri sebab tanaman bit di Indonesia belum dapat menghasilkan biji.

  1. Penanaman buah bit

Sebelum penanaman dilakukan pada tanah tempat penanaman dipersiapkan lebih dahulu alur-alur yang dapat dibuat dengan cangkul. Jarak alur yang satu dengan lainnya 20 – 30 cm. Biji ditabur­kan tipis-tipis dan merata sepanjang alur tersebut, lalu ditutup de­ngan lapisan tanah yang halus dan tipis saja. 6 hari kemudian biji bit sudah mulai kelihatan tumbuh.

PEMELIHARAAN TANAMAN BIT

  1. Penjarangan

Penjarangan dilakukan pada waktu tanaman sudah berumur 3 – 4 minggu. Tanaman yang tumbuhnya lemah dicabut. Demikian pula tanaman yang tumbuh membentuk 2 – 3 tunas, tunas-tunas yang lemah dicabut dan dimatikan, dipilih satu tunas saja yang tum­buhnya kuat, subur dan sehat. Penjarangan tersebut sambil diatur sedemikian rupa sehingga jarak antara tanaman dalam alur menjadi 15 – 20 cm.

  1. Penyiangan dan pendangiran

Pada waktu tanaman berumur 4 – 5 bulan penyiangan mulai dilakukan. Rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman di­cabut dan dibuang. Di samping penyiangan dilakukan pula penda­ngiran. Alangkah baiknya apabila pendangiran dapat dilakukan 1 kali seminggu sehingga pembentukan umbi dapat berlangsung de­ngan sempuma.

  1. Pemupukan

Pupuk diperlukan bagi tanaman bit adalah campuran antara ZA, DS dan ZK, sebanyak 1 kwintal ZA, 1/2 kwintal DS dan 1/2 kwintal ZK untuk setiap ha. Pemupukan dilakukan dengan menye­barkan di kanan kiri barisan tanaman dengan jarak 5 cm dari ba­tang.

  1. Pemberantasan hama dan penyakit

Hama yang penting dan sering menyerang tanaman bit adalah ulat tanah (Agrotis ypsilon). Hama ini banyak merusak bibit / tanaman yang masih muda beberapa hari setelah ditanam. Batangnya di­potong di atas bagian leher kemudian dimakannya.

Pemberantasannya dapat dilakukan dengan:

  1. Dusting 5% DDT atau Chloordane.
  2. Umpan campuran 100 gr Parisguelu, 250 gr gula dan 1 kg dedak basah, disebarkan merata di sekitar tanaman.

PEMANENAN BUAH BIT

Masa panen buah bit / umur panen bit adalah sekitar 2 – 3 bulan. Usahakan jangan sampai terlambat karena pemungutan bit yang sudah terlalu tua umbinya akan menjadi keras karena mengayu.

Cara pemanenan buat bit dilakukan dengan mencabut umbinya. Pemotongan batangnya sebaiknya tidak dilakukan dengan menggu­nakan pisau agar tidak banyak terjadi penguapan. Karena itu biasanya potongan tersebut hanya dilakukan dengan tangan saja.

Nah demikianlah penjelasan mengenai cara menanam tanaman bit / budidaya buah bit. Semoga bermanfaat bagi para pembaca www.materipertanian.com. Lihat juga pengertian tanaman bit  & syarat tumbuh tanaman bit :)