BUDIDAYA KAILAN

Artikel tanaman kailan ini akan membahas cara budidaya kailan, kaedah penanaman kailan & teknik budidaya kailan.

Budidaya Kailan

Bagaimana cara menanam kailan / cara budidaya tanaman kailan ?

Saat ini sudah cukup banyak yang melakukan budidaya tanaman kailan di Indonesia baik itu budidaya kailan organik seperti budidaya kailan hidroponik maupun budidaya kailan di polybag. Cara budidaya sayur kailan ini sebenarnya cukup simpel asal kita tahu syarat tumbuh kailan.

Budidaya sayuran kailan dibagi beberapa fase antara lain sebagai berikut :

Pengolahan Tanah

Pengolahan tanah tanaman kailan dapat dilakukan dengan cara dicangkul atapun dibajak supaya menjadi gembur. Kemudian kita buat bedengan dengan ukuran 6 x o,5 meter. Lalu bedengan tersebut kita beri pupuk kandang supaya kaya akan bahan organik.

Semai Benih Kailan

Bagaimana cara menyemai bibit kailan / cara menyemai benih kailan ?

Biji kailan haruslah disemai terlebih dahulu sebelum ditanam. Cara semai benih kailan memang susah susah gampang. Cara menyemai biji benih kailan bisa dilakukan di bedeng persemaian atau di dalam kotak.

Media persemaian di dalam kotak menggunakan campuran yang terdiri dari pasir, tanah, dan kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Kemudian benih kalian ini bisa kita sebarkan ataupun kita atur di dalam barisan dengan jarak sekitar 10 cm.

Penanaman Kailan

Bibit kailan sudah dapat kita pindahkan ke lahan tetap setelah berusia 15 hari di dalam persemaian. Tanamlah bibit kailan tersebut di lahan dengan jarak tanam 25 x 25 cm. Kemudian kita lakukan penyiraman pagi dan sore hari. Penyulaman juga harus kita lakukan apabila ada tanaman yang mati.

Pemupukan Kailan

Tumbuhan kailan ini juga harus kita beri pupuk susulan berupa pupuk anorganik / pupuk buatan seperti pupuk urea. Pupuk urea berguna untuk mempercepat pertumbuhan daun. Sebaiknya diberikan pupuk urea pada umur sekitar 20 hari, bisa dibenamkan ataupun dicampur dengan air.

Hama dan Penyakit Tanaman Kailan

Hama penyakit tanaman kailan umumnya hampir sama dengan jenis hama dan penyakit pada tanaman kubis.

Pemanenan Sayur Kailan

Berapa lama masa panen kailan / umur panen kailan ?

Kailan sudah dapat dipanen pada umur 40 – 50 hari. Pemanenan kailan dilakukan dengan sangat hati-hati jangan sampai daunnya sobek atau batangnya patah. Cara panen kailan dilakukan dengan cara dicabut.

Gimana.. tertarik untuk budidaya sayur kailan ? Semoga artikel cara budidaya kailan ini bisa bermanfaat bagi sahabat materipertanian.com. Lihat juga pengertian kailan & budidaya kedelai edamame :)