BUDIDAYA KEDELAI EDAMAME

Artikel edamame ini akan menjelaskan cara budidaya kedelai edamame & teknik budidaya kedelai edamame.

Budidaya Kedelai Edamame

Bagaimana cara bercocok tanam edamame / budidaya tanaman kedelai edamame ?

Saat ini sudah banyak orang yang berbisnis budidaya edamame di indonesia. Ada yang budidaya edamame organik adapula yang hanya sekedar menjual bibit kedelai edamame. Wajar saja, hal ini dikarenakan harga bibit kedelai edamame & harga kedelai edamame cukup tercangkau di kantong rakyat kita. Sebelum masuk ke budidaya kedelai jepang edamame ini ada baiknya Anda membaca >> syarat tumbuh edamame terlebih dahulu.

Menanam Edamame

Untuk melakukan budidaya kacang edamame ini kita mau tidak mau harus membeli benih edamame terlebih dahulu. Benih edamame / bibit kedelai edamame bisa langsung ditanam tanpa perlu dilakuakan persemaian.

Menurut teori, per 1 hektar tanaman edamame, benih yang dibutuhkan adalah sekitar 720 gram. Jika tanah yang akan kita pakai belum pernah ditanami edamame, sebaiknya benih edamame ini diinokulan dengan bakteri bintil akar terlebih dahulu. Inokulan bisa dibeli di toko pertanian terdekat.

Tanah yang mau kita pakai haruslah gembur. Lalu tanah tersebut dibuat semacam bedengan dengan ukuran 10 x 2 meter. Di antara bedengan tersebut kita buat saluran drainase atau saluran pembuangan air. Kemudian setelah dua hari, lahan tersebut kita beri pupuk DS sekitar 20 gram per meter perseginya.

Benih edamame kemudian kita tanam di atas bedengan dengan cara di tugal. Setiap tugalan bisa kita beri 3 buah benih. Jarak tanamnya 20 x 20 cm. Kemudian kita lakukan penyiraman pada tugalan tesebut sampai lembab.

Edamame sejatinya memerlukan banyak air. Maka dari itu sebaiknya dilakukan penyiraman sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu. Frekuensinya bisa ditambah terutama pada masa pertumbuhan terutama apabila cuaca panas terus menerus yang mengakibatkan tanah menjadi kering.

Langkah selanjutnya yaitu pemupukan. Pemupukan edamame sebaiknya dilakukan 3 minggu setelah tanam. Kita bisa menggunakan pupuk urea sebanyak 50 s/d 100 kg per hektar. Pupuk urea ini bertujuan untuk merangsang aktifnya bintil akar pada tanaman edamame

Selain itu kita juga memberikan pupuk lainnya seperti pupuk ZK sebanyak 50 s/d 100 kg / ha, pupuk K2O sebanyak 25 s/d 50 kg / ha, atau pupuk P2O5 sebanyak 45 s/d 90 kg per hektarnya.

Panen Edamame

Berapa lama masa panen edamame / umur panen edamame ? Bagaimana cara panen edamame?

Umur panen edamame adalah sekitar 45 sampai 65 hari, tergantung varietasnya. Ciri ciri edamame yang siap panen yaitu warnanya belum kekuning kuningan, bijinya muncul bernas dan tidak terlalu tua. Jika terlalu tua, edamame tersebut cenderung tidak disukai oleh konsumen.

Nah begitulah cara budidaya kedelai edamame yang baik dan benar. Lihat juga pengertian edamame & hama dan penyakit kedelai edamame :)