BUDIDAYA KOL BRUSSEL

Bagaimana cara budidaya kol brussel / cara menanam kol brussel ?

Budidaya Kol Brussel

Kol brussel adalah tanaman sayur sejenis kubis tunas. Mengapa dinamakan kol brussel ? Karena tanaman ini pertama kali dibudidayakan (asal muasalnya) di kota Brussel, Belgia.

Nama latin kol brussel adalah Brassica oleracea var. gemmivera DC. Kol brussel juga sering disebut dengan istilah Brussel Sprouts. Bagian kol yang dikonsumsi adalah tunas-tunasnya yang biasanya tumbuh disamping batang tanaman mulai dari bawah sampai ke atas. Kol brussel ini bentuknya lebih kecil jika dibandingkan dengan kol biasa, diameternya hanya 2,5 cm s/d 5 cm.

Manfaat Kol Brussel

Kol brussel kaya akan zat sinigrin yang bermanfaat sebagai zat anti kanker. Kol brussel juga kaya serat dan protein yang membantu pencernaan dan pertumbuhan tubuh. Vitamin C, K dan E juga terdapat pada kol ini, jadi sangat baik untuk menyehatkan kulit. Manfaat kol brussel lainnya adalah sebagai sayuran penurun tingkat kolesterol tubuh.

Varietas Kol Brussel

Jenis varietas kol brussel antara lain adalah sebagai berikut :

  • Varietas tinggi : tinggi batangnya dapat mencapai 1 m atau lebih. Jenis varietas kol brussel ini dibagi ke dalam 2 golongan, yaitu varietas tunas besar yang warnanya hijau muda serta mempunyai diameter tunas sekitar 4 cm atau lebih contohnya Cambridge no. 5, no.3, dan no.1; dan varietas tunas kecil yang mempunyai ukurang diameter kurang dari 4 cm contohnya adalah¬†Amager Red Vein, de Rosny dan Hilds.
  • Varietas pendek : tinggi batangnya kurang dari 50 cm. Contoh varietas kol brusel jenis ini adalah Catskil, Improved Long Island, Dwarf Improved, dan Jade Cross (hibrida dari Jepang)

Syarat Tumbuh Kol Brussel

  • Cocok di tanam di daerah sejuk atau dingin
  • Tanahnya harus gembur dan subur serta tidak tergenang air pada musim penghujan
  • Tingkat pH tanah yang dianjurkan adalah sekitar 6 s/d 6,8

Persemaian Benih Kol Brussel

Kol brussel dibudidayakan melalui biji. Dalam melakukan budidaya kol brussel sebaiknya pilihlah benih ataupun bibit yang baik pula. Benih kol brussel harus kita semaikan terlebih dahulu sebelum kita tanam. Tempat penyemaian bisa dilakukan di bedengan ataupun kotak persemaian.

Pengolahan Lahan Kol Brussel

Tanah yang hendak kita jadikan sebagai lahan tetap haruslah kita cangkul terlebih dahulu agar gembur dan kaya oksigen. Kemudian lahan tersebut kita beri pupuk dasar berupa pupuk kandang sekitar 5 kg / m2 agar kaya akan bahan organik. Kemudian tanah tersebut kita buatkan bedengan dengan jarak antar bedengan sekitar 30 cm.

Penanaman Kol Brussel

Setelah 3 sampai 4 minggu, bibit yang ada dipersemaian dapat kita pindahkan ke lahan tetap. Jarak tanam yang dianjurkan adalah sekitar 60 s/d 90 cm. Setelah ditanam tidak lupa kita lakukan penyiraman dan penyulaman jika ada tanaman yang mati.

Setiap 2 minggu sekali kita lakukan penyiangan rumput liar dan melakukan pendangiran tanah yang berguna agar tanah kembali tetap gembur. Jika perlu kita juga bisa menambahkan pupuk susulan atau pupuk buatan seperti pupuk NPK, pupuk urea ataupun pupuk ZK agar tanaman tumbuh lebih optimal.

Pemanenan Kol Brussel

Berapa lama umur panen kol brussel / masa panen kol brussel ?

Umur panen kol brussel adalah sekitar 3 s/d 3,5 bulan setelah ditanam. Cara panen kol brussel sebaiknya dilakukan dengan pencabutan tunas dari bawah sampai ke atas pada pagi ataupun sore hari.

Hama dan Penyakit Kol Brussel

Hama dan penyakit pada kol brussel pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan hama dan penyakit pada kubis kepala. Namun salah satu hama yang paling mencolok dan paling sering ditemui pada kol brussel adalah noda hitam pada tunas.

Penyebab penyakit noda hitam pada tunas kol brussel adalah jamur Mycosphaerella brassicicola (Duby) Oudem. Jamur ini menghasilkan noda berbentuk lingkaran dan berwarna abu-abu kecoklatan sampai bintik hitam. Penyakit ini bisa diberantas melalui pemotongan ataupun pencabutan tunas yang terinfeksi. Gunanya agar penyakir ini tidak ikut menyebar ke tanaman lainnya.

Nah itulan penjelasan singkat mengenai cara budidaya kol brussel yang baik dan benar. Lihat juga pengertian kohlrabi & cara budidaya kohlrabi :)