CARA BUDIDAYA BROKOLI

Artikel budidaya brokoli ini akan membahas cara penanaman brokoli, tips budidaya brokoli & kumpulan cara budidaya brokoli lainnya.

Cara Budidaya Brokoli

Bagaimana cara menanam sayuran brokoli ?

Saat ini sudah banyak orang yang terjun ke bisnis budidaya tanaman brokoli. Entah itu budidaya brokoli dalam polybag, budidaya brokoli dataran rendah, budidaya brokoli organik ataupun budidaya brokoli hidroponik. Semua tak jadi masalah asalkan kita tahu apa saja yang menjadi syarat tumbuh brokoli.

Cara budidaya brokoli dalam pot ataupun cara budidaya brokoli organik kurang lebih sama dengan cara budidaya brokoli yang dilakukan oleh para petani. Pada dasarnya cara menanam tumbuhan brokoli / cara budidaya tanaman brokoli terbagi ke dalam beberapa tahapan antara lain :

Cara Menanam Benih Brokoli

Cara pembibitan tanaman brokoli & cara semai brokoli cukup gampang, yaitu benih brokoli harus disemaikan terlebih dahulu ke dalam bedengan. Bedengan bisa dibuat dengan panjang 3 m dan lebar sekitar 1 m. Kemudian bedengan tersebut diberi campuran pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 1 : 2.

Benih brokoli sebaiknya direndam di dalam air selama satu jam sebelum persemaian. Hal ini berguna agar benih menjadi empuk dan tidak mudah dehidrasi.

Tanaman brokoli akan mulai tampak di atas permukaan tanah sekitar dua hari setelah disemai. Bibit brokoli ini dapat dipindahkan ke dalam bumbungan berupa daun kelapa yang berisikan campuran tanah dan pupuk kandang setelah berumur sekitar 5 s/d 10 hari. Bibit brokoli baru bisa dipindahkan ke lahan tetap jika sudah berada sekurang kurangnya 3 minggu di dalam bumbungan.

Cara Menanam Benih Brokoli

Bibit brokoli ditanam pada lubang tanam berdiameter 25 cm dan kedalamannya kurang lebih 10 cm. Jarak tanam benih brokoli yaitu 70 x 50 cm. Tanah yang dipakai haruslah kaya akan bahan organik dan perlu diberi pupuk kandang atau pupuk kompos sekitar 10 ton per hektarnya. Tidak lupa juga kita buat bedengan dan saluran drainase air.

Pemeliharaan Tanaman Brokoli

Cara pemeliharaan brokoli salah satunya yaitu dengan banyak melakukan penyiraman. Penyiraman tanaman sebaiknya dilakukan dua kali sehari pada pagi dan sore hari, terutama saat fase awal pertumbuhan tanaman .

Jika tanaman sudah tumbuh agak besar dan berdaun, penyiraman bisa dilakukan sekali sehari saja. Namun frekuensinya bisa ditambah apabila tanah mengering dan mengeras.

Pemupukan Tanaman Brokoli

Cara pemupukan brokoli sangatlah sederhana. Pemupukan tanaman brokoli dilakukan tiga kali. Pemupukan pertama dilakukan sekitar umur 5 hari setelah tanam atau pada saat tanaman mulai tumbuh dengan memberikan pupuk Urea dan atau NPK sebanyak 1 gram setiap tanaman.

Pemupukan kedua dilakukan pada hari ke 10 setelah tanam, yaitu dengan penambahan pupuk Urea dan atau NPK sebanyak 3 – 5 gram. Pemupukan ketiga dilakukan saat tanaman brokoli berumur 3 s/d 4 minggu. Disela-sela pemupukan, kita juga bisa melakukan penyiangan. Penyiangan brokoli bisa dilakukan sesering mungkin terutama saat gulma dan tanaman pengganggu lainnya sudah terlihat banyak.

Hama dan Penyakit pada Tanaman Brokoli

Hama dan penyakit yang menyerang tanaman brokoli hampir sama seperti hama dan penyakit tanaman kubis lainnya. Sehingga pengendalian dan pencegahannyapun relatif tidak jauh berbeda.

Pemanenan Brokoli

Bagaimana cara panen brokoli / cara memanen brokoli yang benar ?

Umur panen tanaman brokoli sekitar 47 s/d 65 hari setelah tanam, tergantung varietas brokoli yang digunakan. Ciri ciri tanaman brokoli yang baik untuk dipanen yaitu pada saat kepala bunga masih kompak dan kuntum bunga belum membuka. Pemanenan tanaman brokoli tidak boleh terlambat karena warna kuntum bunga akan menjadi kuning dan kepala bunga menjadi longgar sehingga standar mutu dan harganya akan menurun.

Panen tanaman brokoli sebaiknya dilakukan pada saat pagi hari setelah embun menguap. Bisa juga dilakukaan pada saat sore hari sebelum embun jatuh dengan cara melakukan pemotongan pada tangkai kepala bunga. Sedangkan tanaman brokoli yang diberi lindungan berupa naungan plastik, pemanenan bisa dilakukan tanpa perlu mengkhawatirkan jatuhnya embun.

Nah itulah penjelasan singkat bagaimana cara budidaya brokoli yang baik dan benar. Semoga menambah pengetahuan kamu mengenai cara menanam tanaman brokoli ya. Lihat juga jenis tanaman brokoli & syarat tumbuh tanaman brokoli :)