CARA BUDIDAYA KEMBANG KOL

Artikel kembang kol ini akan menjelaskan cara budidaya kembang kol / cara bercocok tanam kembang kol.

Budidaya Kembang Kol

Budidaya tanaman kembang kol / teknik budidaya tanaman bunga kol itu seperti apa sih ?

Saat ini petani di Indonesia sudah banyak yang berbudidaya tanaman bunga kol baik itu budidaya kembang kol dalam polybag ataupun budidaya kembang kol secara organik. Sebelum masuk ke materi budidaya tanaman kol bunga, ada baiknya kamu membaca syarat tumbuh kembang kol & hama dan penyakit kembang kol.

Budidaya tanaman kubis bunga tidak jauh berbeda dengan budidaya sayuran kubis lainnya. Budidaya kol bunga pada dasarnya tidaklah sulit dilakukan. Cara menanam kembang kol, baik itu cara budidaya kembang kol dalam pot hidroponik, maupun secara konvesional melalui lahan yang luas, secara garis besar adalah sama saja. Yang membedakan hanyalah media tanam kembang kolnya saja.

Cara budidaya kubis bunga / budidaya bunga kol ini terbagi ke dalam beberapa tahapan antara lain sebagai berikut :

Persemaian Kembang Kol

Bagaimana cara semai kembang kol ?

Benih kol bunga harus disemaikan lebih dahulu sebelum ditanam. Setelah bibit tumbuh selama 3 – 4 hari dapat dipindahkan ke tempat penanaman.

Penanaman Kembang Kol

Bagaimana cara menanam bunga kol / cara menanam kubis bunga yang baik dan benar ?

Kol bunga membutuhkan banyak air dalam masa pertumbuhannya. Maka dari itu, masa penanaman sebaiknya dilakukan pada awal musim penghujan.

Penanaman yang paling baik dilakukan pada waktu sore hari agar tidak terkena terik matahari secara langsung. Jarak tanamnya :

  • Dalam baris : 45 – 50 cm.
  • Antar baris : 60 – 70 cm.

Pemeliharaan tanaman kol bunga tidak jauh berbeda dengar pemeliharaan tanaman kol krop. Untuk dapat menghasilkan bunga yang baik dan putih warnanya, kembang kol harus dilindungi dari pengaruh hujan dan terik matahari.

Biasanya 4 — 5 daun di bagian atas dilipatkan ke dalam, kemudian disemat dengan bambu. Dengan cara demikian daun daun tersebut akan menjadi pelindung bagi bunganya dari terik matahar dan air hujan. Tidak lupa kita lakukan pendangiran seperti pembersihkan gulma dan rumpur liar serta melakukan penyiraman secukupnya.

Pemupukan Kembang Kol

Bagaimana cara pemupukan kembang kol / cara pemupukan bunga kol ?

Pemupukan susulan dengan pupuk anorganik seperti Urea, ZK ataupun DS sebaiknya dilakukan pada tanah yang tidak terlalu subur. Sedangkan bagi tanah yang subur tidak perlu dilakukan pemupukan susulan.

Panen Kembang Kol

Berapa lama umur panen kembang kol & bagaimana cara panen bunga kol ?

Usia panen kembang kol tergantung varietasnya. Namun mayoritas kol bunga bisa kita panen saat berumur 55 – 60 hari sejak tanam saat gumpalan bunganya sudah cukup besar, putih dan bersih warnanya. Pemanenan kembang kol haruslah tepat waktu, karena pemanenan yang terlambat akan mengakibatkan bunga membusuk.

Cara panen kembang kol yaitu, kepala bunga dipotong bersama sama daunnya yang menutup bunga. Kemudian kepala bunga segera ditempatkan di tempat yang teduh dan jangan sampai terkena sinar matahari. Karena kalau terkena sinar matahari, warna kembang kol akan menjadi pucat dan lama kelamaan akan menghitam.

Jika ingin menyimpan hasil panen, kembang kol sebaiknya disimpan di ruangan pendingin dengan suhu 0° C. Dengan suhu tersebut kesegaran kembang kol dapat bertahan hingga 30 hari.

Nah itulah penjelasan mengenai cara budidaya kembang kol / cara budidaya tanaman bunga kol. Lihat juga varietas kembang kol :)