CARA BUDIDAYA KOHLRABI

Budidaya Kohlrabi

Artikel kohlrabi ini akan menjelaskan cara budidya kohlrabi yang baik dan benar.

Syarat Tumbuh Kohlrabi

Adapun syarat tumbuh tanaman kohlrabi antara lain sebagai berikut :

  • Cocok ditanam di lokasi yang bersuhu sedang dan panas.
  • Tidak baik di tanam pada lokasi yang bersuhu rendah antara 12 s/d 14 karena akan mengakibatkan tanaman cepat berbunga dan sulit untuk membentuk umbi.
  • Tanah yang digunakan harus gembur, subur dan mempunyai drainase yang baik.

Penanaman Kohlrabi

Bagaimana cara menanam kohlrabi ?

Tanaman kohlrabi dikembangbiakkan melalui biji. Biji ( benih kohlrabi ) ini harus kita semai terlebih dahulu sebelum ditanam di lahan tetap.

Persemaiannya bisa kita buat seperti naungan dengan cara benih kita semai / ditabur satu persatu dengan jarak sekitar 5 cm lalu kita tutup dengan tanah.

Sembari menunggu pertumbuhan kohlrabi di persemaian, lahan yang akan kita gunakan sebaiknya kita bajak atau cangkul supaya gembur dan kaya akan oksigen.

Lahan tersebut juga perlu kita beri pupuk kandang 15 s/d 20 ton per hektarnya agar kaya akan bahan organik. Kemudian kita buat bedengan dengan lebar sekitar 0,8 meter dan jarak antar berdengan sekitar 20 cm.

Bibit kohlrabi dapat kita pindahkan ke lahan tetap pada minggu ke 3 atau minggu ke 4. Dianjurkan untuk menanamnya pada waktu sore hari supaya tanaman lebih fresh dan air yang kita siram tidak mudah menguap.

Jarak tanam yang dianjurkan yaitu sekitar 30 x 30 cm dan tidak boleh terlalu rapat. Karena kalau terlalu rapat akan mengakibatkan umbi memanjang.

Setelah ditanam sebaiknya tanaman diberi pupuk susulan seperti pupuk TSP sekitar 75 s/d 100 kg per hektar. Gunanya adalah untuk mempercepat pertumbuhan umbi kohlrabi.

Hama dan penyakit yang menyerang kohlrabi secara umum hampir sama dengan hama dan penyakit pada tamanan kubis. Pengendalian dan pencegahannya pun kurang lebih sama saja.

Pemanenan Kohlrabi

Berapa lama masa panen kohlrabi ? Bagaimana cara memanen kohlrabi ?

Umur panen kohlrabi adalah sekitar 8 – 10 minggu sejak disemai. Memanen kohlrabi haruslah tepat waktu dan tidak boleh terlambat, sebab jika kohlrabi terlalu tua maka umbinya akan menjadi keras, berserat dan berkayu sehingga tidak enak untuk dimakan.

Berat 1 umbi kohlrabi rata-rata bisa mencapai 0,3 kg. Dalam satu hektar kita bisa memanen kohlrabi setidaknya sekitar 15 s/d 40 ton. Wah lumayan banyak ya !

Nah itulah syarat tumbuh kohlrabi dan cara budidaya kohlrabi yang baik dan benar. Semoga bermanfaat ! Baca juga varietas kohlrabi :)