CARA BUDIDAYA LABU SIAM YANG BAIK DAN BENAR

Artikel cara penanaman labu siam kali ini akan menjelaskan tentang :

  1. Syarat tumbuh labu siam
  2. Ciri ciri labu siam (ciri khusus labu siam / ciri khas labu siam) dan
  3. Cara menanam sayur labu siam (budidaya sayur labu siam)

Budidaya Tanaman Labu Siam

Bagaimana cara menanam labu siam yang baik dan benar ?

Labu Siam adalah tanaman yang berumur panjang, lebih dari 2 tahun dan bersifat merambat dengan perantaraan pemegang yang berbentuk pilin. Nama latin labu siam adalah Sechium edule Sw. Nama lain labu siam adalah gambas (di Jawa Barat), dan waluh jipang (di Jawa Tengah).

Batang tanaman ini kecil tetapi panjang sekali. Buahnya berbentuk seperti bola lampu dan mempunyai alur-alur sebanyak 5 -10 buah. Permukaan kulitnya ditumbuhi bulu-bulu yang tajam seperti duri, akan tetapi jarang-jarang. Buahnya lunak (berdaging) dan banyak mengandung air. Buah labu siam mempunyai sebuah biji yang besar dan lunak.

Tanaman labu siam dapat dipermuda dengan cara memangkas (memotong) tanaman tersebut sampai ± 25 cm di atas permukaan tanah. Pemangkasan ini hanya dilakukan setelah tanaman gambas tidak berbuah lagi atau buahnya sudah sedikit (jelek). Buah labu siam rasanya enak, dingin dan mengandung vitamin A, vitamin B dan vitamin C.

Syarat Tumbuh Tanaman Labu Siam

Labu siam dapat dengan mudah ditanam di mana saja, baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi, tanpa banyak memerlukan perawatan yang sulit. Tempat-tempat yang berhawa sejuk dan lembab (di pegunungan) adalah tempat yang paling disukai oleh tanaman tersebut.

Syarat tumbuh tanaman labu siam yang terpenting yaitu tanah haruslah subur, gembur, banyak mengandung air, akan tetapi air tanah itu tidak menggenang. Derajat keasaman tanah (pH) sebaiknya antara 5 s/d 6.

Waktu bertanam yang baik adalah pada akhir musim hujan ( Maret/April). Pada musim kemarau labu siam dapat juga ditanam asalkan diberi air secukupnya. Tanaman labu siam juga baik sekali ditanam di pinggir-pinggir kolam dan dirambatkan pada para-para di atas kolam tersebut. Dengan cara ini keadaannya akan menjadi lembab.

Di Indonesia tanaman labu siam ini belum diusahakan secara besar-besaran, kebanyakan baru merupakan tanaman pekarangan saja. Mungkin karena harganya yang murah, menyebabkan orang salah duga seolah-olah kurang menguntungkan bagi petani (penanam). Padahal cara bercocok tanam labu siam / cara budidaya tanaman labu siam ini sangatlah mudah.

Teknik Budidaya Tanaman Labu Siam

Labu siam diperbanyak dengan buahnya yang telah tua. Buah-buahan itu disimpan dulu di tempat-tempat yang agak teduh supaya tumbuh dulu. Setelah bertunas sepanjang kira-kira 10 -20 cm (berdaun 3—4 helai), barulah dipindahkan ke kebun.

Cara menanam buah labu siam mula-mula dibuat lobang-lobang di atas tanah yang akan ditanami selebar 50 cm dan sedalam 40 cm, dengan jarak antara lobang 3 meter dan antara barisan lobang 5 meter. Kemudian tiap-tiap lobang diisi dengan pupuk kandang atau kompos yang telah jadi sebanyak 2 – 3 kg.

Setelah itu, pada tiap-tiap lobang tersebut ditanamkan sebuah bibit labu siam, lalu ditimbuni (ditutup) tanah tipis sampai buah gambas tersebut tertutup rata. Penimbunan tanah ini jangan terlalu tebal, karena dapat menyebabkan bibitnya menjadi busuk.

Setelah tanaman 1/2 meter tingginya barulah dibuatkan para-para dari bambu yang tingginya 1,5 – 2 meter dan luasnya 3×5 meter, tergantung pada banyaknya tanaman yang akan dijalarkan di atas para-para. Jika tanaman terlalu gemuk, ujung-ujung tanaman perlu dipangkas dan daun-daunnya dikurangi. Kira-kira 3 bulan kemudian (dari waktu bertanam), tanaman sudah mulai berbunga betina dan umumnya dapat menjadi buah (yang tidak gugur).

Selanjutnya penjagaan tanaman yang penting yaitu : mengatur menjalarnya tanaman tersebut di atas para-para, mengadakan pemangkasan dan mengurangi daun-daunnya bila terlalu lebat dan memberantas hama oteng-oteng dengan semprotan obat insektisida (misalnya Diazinon 0,2% atau Bayrusil 0,2%).

Berapa lama umur panen labu siam ?

Masa panen labu siam kira-kira 4 bulan, yakni apabila buahnya telah penuh padat dan warnanya agak keputih-putihan. Pemanenannya jangan terlambat, karena akan menyebabkan buah menjadi kurang enak rasanya. Hasil panen labu siam dapat mencapai 150 buah gambas dalam setahun untuk tiap pohon.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara budidaya labu siam yang baik dan benar. Semoga bermanfaat ! Baca juga cara budidaya timun yang benar :)