CARA MENANAM BABY CORN

  • Bagaimana cara menanam baby corn ?
  • Bagaimana teknik budidaya baby corn ?
  • Berapa jarak tanam baby corn ?

Cara Menanam Baby Corn

Penanaman baby corn / budidaya tanaman baby corn pada dasarnya tidaklah terlalu rumit. Cara menanam jagung baby corn tidak perlu disemaikan, melainkan langsung ditanam pada lahan yang telah diolah yang telah dicampuri pupuk kandang sekitar 2 ton per hektarnya. Tidak lupa buatlah drainase untuk saluran airnya.

Benih / bibit baby corn lalu dimasukkan ke lubang tanam dengan ukuran kedalaman 80 x 15 cm. Lalu tutupi benih baby corn tersebut dengan tanah. Pemupukan baby corn bisa menggunakan pupuk ZA 50kg, KCL 17kg, TSO 250kg dan Urea 100kg untuk setiap 1 hektarnya.

Agar benih tidak gampang terserang hama dan penyakit, penyiangan haruslah dilakukan sebanyak mungkin. Sangat disarankan untuk memberikan garam inggris yaitu campuran garam dan air dengan perbandingan 4 : 1. Larutan garam ini disemprotkan ke tanaman baby corn sekali seminggu selama 1 bulan. Gunanya untuk membuat tekstur tongkol jagung yang kokoh dan bebas penyakit.

Kita juga bisa melakukan pembumbunan dan melakukan pemupukan urea kembali pada hari ke 30 sebanyak 100kg perhektarnya. Penyiraman baby corn bisa dilakukan sekali sehari saja. Namun frekuensinya bisa ditambah saat masa pembungaan.

Kemudian tunggu sampai 2-3 bulan untuk memulai panen. Baca >> panen baby corn.

Semoga artikel cara bercocok tanam jagung baby corn ini bisa bermanfaat bagi para pembaca materipertanian.com Lihat juga pengertian baby corn & syarat tumbuh baby corn :)