CARA MENANAM SAWI YANG BENAR

Materi sawi kali ini akan menjelaskan tentang cara menanam sawi yang benar / cara budidaya sawi yang benar.

Cara Menanam Sawi Yang Benar

  • Bagaimana cara budidaya sawi hijau & cara budidaya sawi putih ?
  • Cara bercocok tanam sawi  / cara menanam sayur sawi yang benar itu seperti apa sih ?

Pada materi sawi sebelumnya, kita sudah membahas tentang jenis jenis varietas tanaman sawi dan syarat tumbuh tanaman sawi. Sama seperti cara budidaya petsai, cara menanam sawi putih, hijau dkk juga dibudidayakan dengan bijinya. Biji-biji (benih sawi) tersebut perlu disemaikan terlebih dulu. Untuk menanami tanah seluas 1 ha diperlukan ± 700 gram biji sawi.

Menurut teori , untuk 1 hektar lahan hanya diperlukan 350 gram biji dengan daya kecambah 75%. Sambil menunggu bibitnya cukup umur, tanah yang akan ditanami dicangkul sedalam 30 cm dan diberi pupuk kandang jadi sebanyak 10 ton tiap ha. Kemudian dibuatkan bedengan-bedengan yang lebarnya 1 meter.

Setelah bibit sawi berumur 3 – 4 minggu sejak biji disebar (kira-kira tanaman berdaun 4 helai), maka tanaman dapat dipindahkan ke bedengan-bedengan yang telah disiapkan dengan jarak tanam 30 cm dan jarak antara barisan tanaman 40 cm. Dengan demikian tiap bedengan memuat 3 baris tanaman.

Setelah tanaman hidup atau ngilir (yakni kira-kira setelah 10 hari kemudian), maka pemberian pupuk anorganik mulai dilakukan sebanyak 3 gram tiap tanaman, diberikan di sekeliling tiap tanaman sejauh ± 5 cm dari batangnya, hingga untuk tanaman 1 ha diperlukan setidaknya 3 kwintal pupuk ZA atau 60 kg N. Pemupukan ini sebaiknya dilakukan bersama-sama dengan waktu mendangir (menyiang).

Selanjutnya hal yang perlu diperhatikan ialah penjagaan tanaman terhadap hama ulat daun. Ulat-ulat daun ini sebaiknya segera dicari dan dibunuh atau disemprot dengan obat serangga (insektisida) karena hama ulat daun ini sangat merugikan kita.

Umur panen sawi adalah sekitar 2 bulan. Cara pemanenan sawi dapat dilakukan dengan jalan mencabut tanaman atau memotong bagian batang di atas tanah seperti halnya memungut petsai. Namun ada juga orang-orang yang melakukan hasil pemanenan dengan memetik daunnya satu-satu. Dengan cara terakhir ini dimaksudkan supaya tanaman tahan lama. Tanaman sawi yang baik bisa menghasilkan 100 kwintal daun per hektarnya.

Nah begitulah cara menanam sawi yang benar. Semoga bermanfaat bagi para pembaca materipertanian.com :)