CIRI CIRI BAWANG MERAH SIAP PANEN

Ciri Ciri Bawang Merah Siap Panen

Apa sih ciri-ciri bawang merah siap panen ?

Ciri tanaman bawang merah siap panen antara lain adalah :

  • Mayoritas daunnya sudah mulai berjatuhan / rebah di tanah.
  • Daunnya mengering dan berwarna kuning pucat.
  • Pangkal batangnya lemas.
  • Buah bawang berwarna merah dan teksturnya keras.
  • Buahnya menimbulkan aroma yang khas.

Umur panen tanaman bawang merah adalah sekitar 2 sampai 3 bulan dari waktu bertanam. Cara memanen bawang dilakukan dengan mencabut tanaman tersebut. Tiap umbi bibit (tiap rumpun) dapat menghasilkan antara 4 s/d 6 umbi anakan. Bawang merah yang berkualitas baik dapat menghasilkan 100 – 120 kwintal tiap ha untuk bawang merah biasa, atau 100 – 400 kwintal tiap ha Bawang Bombay.

Dengan demikian hasil panen bawang merah dapat mencapai 4 – 5 kali berat bibit yang dipergunakan. Supaya hasilnya dapat disimpan lama, maka umbi-umbi tersebut harus disimpan bersama-sama daunnya di tempat-tempat yang kering dan sebaiknya jangan terkena sinar matahari langsung.

Untuk mempercepat masa panen dan meningkatkan kualitas panen bawang merah, sebaiknya dilakukan pemupukan susulan yang teratur dan melakukan penjagaan tanaman seperti mendangir yang bersifat menggemburkan tanah serta menghilangkan rumput-rumput jahat agar terhindar dari serangan hama dan penyakit tanaman bawang merah yang berbahaya.

Semoga penjelasan singkat mengenai ciri-ciri bawang merah siap panen ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Baca juga ciri-ciri bawang merah dan manfaatnya :)