CIRI-CIRI DAN MANFAAT BAWANG PUTIH

Ciri-Ciri dan Manfaat Bawang Putih

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dan manfaat bawang putih di dalam kehidupan sehari-hari.

Ciri Morfologi Bawang Putih

Ciri-ciri tanaman bawang putih / ciri-ciri tumbuhan bawang putih itu seperi apa sih ?

Bawang putih adalah tanaman yang berbentuk rumput. Nama latin bawang putih adalah Allium Sativum.

Ciri morfologi bawang putih yaitu ada tunas-tunas yang timbul pada pangkal batang. Tunas ini sebenarnya adalah umbi-umbi kecil yang telah berubah bentuk dan fungsinya. Umbi-umbi kecil ini terbalut oleh lapisan yang kuat dan kemudian menjadi sebuah umbi besar, bulat dan berwarna putih. Umbi-umbi tersebut merupakan umbi anakan yang disebut ’’siung”.

Bawang putih pada umumnya tidak membentuk rumpun. Pada bawang ’’lanang”, umbi tersebut tidak bersiung, sehingga bentuk umbinya besar dan harganya mahal.

Daun bawang putih bentuknya panjang berkelopak, kecil dan pipih (tidak berlobang) seperti halnya pada daun bawang prei. Kelopak-kelopak daun inilah yang membalut umbi-umbi.

Bawang putih sangat baik sekali ditanam di dataran tinggi (pegu­nungan) yang tingginya lebih dari 600 meter dari permukaan laut. Sedangkan di dataran rendah bawang putih sulit untuk membentuk umbi. Tanaman bawang putih sangat cocok untuk ditaman pada daerah yang hawanya sejuk dan kering. Derajat keasaman tanah (pH) yang cocok untuk bawang putih yaitu sekitar 6,5 s/d 7,5. Umur panen bawang putih yaitu 2-3 bulan setelah tanam.

Manfaat Bawang Putih

Umbi-umbi bawang putih dipergunakan untuk bumbu dapur (rempah) dalam jumlah kecil sekali, misalnya dalam sambal, gulai dan lain-lain yang sifatnya menyegarkan dan menggurihkan (melezatkan) makanan-makanan.

Apa manfaat bawang putih untuk kesehatan ?

Dalam obat-obatan bawang putih banyak dipergunakan sebagai obat penyakit kolera dan penyakit menular lainnya. Dapat dipergunakan sebagai obat terhadap penyakit tekanan darah tinggi (dicampur dengan madu dan air dingin), obat terhadap bekas gigitan serangga berbisa, misalnya lebah (dicampur dengan salpeter dan cuka).

Akan tetapi bagi orang-orang yang sedang menderita sakit ginjal dan bagi wanita-wanita yang sedang mengandung dilarang makan bawang putih, karena dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu bawang putih juga dapat dipergunakan untuk mengobati bisul-bisul yang belum begitu besar, dan bila bisul itu telah besar, dapat mempercepat masaknya.

Baca juga ciri-ciri tanaman bawang daun & ciri-ciri bawang merah dan manfaatnya :)