CIRI CIRI KANGKUNG DAN MANFAATNYA

Ciri Ciri Kangkung dan Manfaatnya

Ciri ciri tanaman kangkung / ciri-ciri tumbuhan kangkung itu seperti apa sih ?

Kangkung adalah salah satu jenis tanaman tetap (lebih dari setahun), berbentuk rumput, bersifat menjalar (membelit) dan banyak digemari oleh seluruh lapisan masyarakat terutama di Indonesia karena rasanya enak dan segar.

Kangkung jarang sekali ditanam di pekarangan, walaupun sudah merupakan tanaman sayuran yang dapat diperdagangkan dengan harga yang mahal. Biasanya kangkung ditanam di kolam-kolam, rawa-rawa dan sawah atau ditanam di atas timbunan sampah-sampah, di atas lereng-lereng yang sulit ditanami tanaman makanan yang lain, begitu juga di tegalan.

Kangkung dapat dengan mudah ditanam, baik di dataran tinggi maupun di dataran rendah, sampai di tepi pantai, asalkan tanahnya subur (mengandung lumpur). Waktu bertanam yang baik adalah pada musim hujan untuk kangkung darat atau musim kemarau untuk kangkung air. Ciri-ciri kangkung yang baik / ciri-ciri kangkung siap panen yaitu masih segar, rimbun, tidak layu dan berwarna hijau terang.

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

Apa saja kandungan kangkung dan manfaatnya ?

Ada segudang manfaat kangkung bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan kangkung banyak mengandung vitamin A, vitamin C dan bahan-bahan mineral, terutama zat besi yang sangat berguna untuk pertumbuhan serta kesehatan badan.

Kangkung (batang muda dan daun-daunnya) dapat disayur tumis, pecel, lotek dan dapat pula dijadikan lalapan. Cara memasaknya hampir serupa dengan memasak bayam, yakni jangan terlalu lama merebusnya, karena kangkung itu akan menjadi tidak enak (berlendir).

Ada pula sebagian orang yang mengkonsumsi kangkung mentah sebagai lalapan, akan tetapi rasanya agak getir (kelat). Manfaat kangkung untuk kesehatan antara lain : untuk menenangkan syaraf (biasanya sebagai obat tidur). Sedangkan akar kangkung berfungsi sebagai obat penyakit wasir (haemorrhoid).

Nah itulah ciri ciri dan manfaat kangkung yang wajib kamu ketahui. Baca juga ciri ciri tanaman bayam dan jenis bayam dan manfaatnya . Semoga bermanfaat :)