CIRI-CIRI KHUSUS TANAMAN SEMANGKA

Ciri-ciri Khusus Tanaman Semangka

Ciri-ciri tanaman buah semangka itu seperti apa sih ?

Semangka adalah tanaman setahun yang bersifat menjalar (me­rambat) dengan perantaraan alat pemegang yang berbentuk pilin. Nama latin semangka adalah Citrullus vulgaris.

Ciri-ciri tanaman semangka yaitu daunnya jarang-jarang, bercangap menyirip kecil-kecil. Batangnya kecil panjang dan ramping. Buahnya bulat sampai bulat telur, berwarna hijau bergaris-garis kuning, halus dan ada pula yang berwarna hitam. Kulit buahnya agak keras, berdaging lunak, ber­warna merah atau kuning dan banyak mengandung air, rasanya manis.

Mayoritas orang suka dengan buah semangka, tetapi karena harganya mahal hanya orang-orang mampu saja yang dapat membelinya. Perlu diingat bahwa semangka itu tidak boleh dimakan dengan gula merah (gula Jawa) atau gula aren, karena kadang-kadang dapat bersifat racun, yakni dapat menyebabkan kejang-kejang dan mencret sampai dapat menyebab­kan kematian.

Buah semangka banyak mengandung vitamin A. Kandungan vitamin A nya 2 kali lipat dari tanaman pare. Selain vitamin A, buah semangka mengandung vitamin B dan vitamin C.

Semangka termasuk ke dalam famili Cucurbitaceae. Dalam garis besarnya semangka itu dapat dibagi menjadi 2 macam / tipe) yaitu :

  • Semangka berdaging buahnya berwarna kekuning-kuningan
  • Semangka yang daging buahnya berwarna merah.

Varietas semangka yang paling terkenal antara lain Sugar Baby, Sin yamato, dan lain-lain.

Syarat Tumbuh Semangka

Apa saja syarat tumbuh tanaman semangka / syarat hidup semangka ?

Semangka baik sekali ditanam di dataran rendah dengan keting­gian sampai 600 meter di atas permukaan laut. Syarat tumbuh semangka yang baik yaitu tanahnya gembur, subur (banyak mengandung humus), mengandung kapur dan mengandung air (lembab), akan tetapi iklimnya harus kering.

Derajat keasaman tanah (pH) yang baik untuk tanaman semangka antara 6 – 7. Selain itu tanaman semangka memerlukan sinar matahari yang banyak, dan tidak senang pada tempat-tempat yang teduh (terlindung). Tidak seperti tanaman-tanaman famili Cucurbitaceae yang lain, tanaman semangka juga memerlukan perawatan khusus namun tidak terlalu sulit.

Tanaman semangka ini telah banyak diusahakan secara komersil, misalnya di Malang, Banyuwangi dan beberapa tempat di Cibinong (Bogor), karena banyak memberikan keuntungan. Di Malang biasanya semangka ditanam sesudah panen tebu, atau padi.

Waktu bertanam semangka yang paling baik yaitu pada akhir musim hujan (bulan Mei/Juni) atau pada musim kemarau asalkan cukup diberi air (disiram atau digenang).

Itulah ciri-ciri khusus tanaman semangka yang patut kamu ketahui. Baca juga cara menanam waluh yang baik dan benarciri-ciri tomat dan manfaatnya :)