CIRI CIRI SELEDRI DAN MANFAATNYA

Materi tumbuhan seledri ini akan menjelaskan morfologi seledri & ciri ciri dan manfaat seledri.

Ciri Ciri Seledri dan Manfaatnya

Morfologi tumbuhan seledri itu seperti apa sih ?

Seledri adalah tanaman setahun atau dua tahun yang berbentuk rumput. Ciri ciri seledri & deskripsi tanaman seledri yang paling menonjol yaitu mempunyai batang yang pendek, daunnya berlekuk-lekuk menjari secara tak teratur dan bertangkai daun panjang.

Seledri dapat dengan mudah ditanam di mana saja, baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi (pegunungan). Namun pertumbuhan seledri akan lebih optimal jika ditanam di tempat-tempat yang berhawa sejuk (dingin) dan lembab.

Tanaman seledri banyak ditanam di pekarangan-pekarangan atau pot, karena tanaman ini mempunyai nilai kalori yang tinggi sekali, walaupun kadar vitamin B dan C-nya rendah.

Pemakaiannya sebagai sayuran tidak begitu banyak dilakukan di Indonesia. Seledri masih lebih banyak diperlukan sebagai penyegar (seperti rempah-rempah) untuk membuat campuran bakmi, sop dan makanan Cina yang lain.

Dengan kata lain seledri masih merupakan tanaman yang ’’mewah”, walaupun di luar negeri tanaman ini termasuk ke dalam golongan bahan salad yang kedua sesudah selada.

Syarat Tumbuh Tanaman Seledri

Syarat-syarat tumbuh seledri ( syarat hidup seledri ) yang penting yaitu : tanahnya subur (banyak mengandung humus) dan gembur. Tanah-tanah yang mengandung garam Natrium, Kalsium dan unsur Boron paling disukai (disenangi) oleh tumbuhan seledri.

Jika tanah kekurangan unsur Natrium, pertumbuhan seledri akan menjadi kerdil. Oleh karena itu di luar negeri orang sering menambahkan garam dapur (NaCl) pada tanaman seledri sebanyak 600 kg tiap ha.

Garam dapur (NaCl) merupakan pupuk yang paling baik bagi tanaman seledri. Di luar negeri orang sering menambahkan Borax sebanyak 25 kg pada tanaman seledri yang ditanam pada tanah-tanah gambut (pH-nya rendah banyak mengandung humus). Derajat keasaman tanah (pH) sangat menentukan; yang baik ialah antara 5,5-6,5.

Jika tanahnya kekurangan Kalsium, maka kuncup-kuncup daunnya menjadi kering-kering. Dan bila kekurangan unsur Boron, batang dan tangkai-tangkai daunnya menjadi terbelah-belah (retak-retak).

Waktu menanam seledri yang paling baik adalah pada awal musim hujan (bulan Oktober) atau pada akhir musim hujan (bulan April). Di Jawa Barat, seledri dapat kita jumpai di Cipanas (Bogor) dan Pengalengan (Bandung).

Manfaat Seledri

Daun seledri digunakan untuk campuran soto, bakmi dan lain-lain. Daun seledri juga berguna untuk menyembuhkan (mengobati) penyakit encok (reumathik), darah tinggi, dan susah tidur. Namun perlu diperhatikan bahwa orang-orang yang.sedang sakit kencing protein atau hysteri tidak boleh makan seledri.

Itulah penjelasan singkat mengenai ciri ciri seledri dan manfaatnya. Semoga kamu lebih mengerti akan morfologi tanaman seledri dan manfaat seledri bagi kesehatan. Baca juga jenis jenis varietas tanaman seledri & cara budidaya tanaman seledri :)