CIRI CIRI SEMANGKA SIAP PANEN

Ciri-ciri Semangka Siap Panen

Apa sih ciri ciri semangka siap panen ?

Ciri ciri semangka yang siap panen yaitu buahnya harus sudah tua. Ciri ciri semangka tua antara lain :

  • Warna tangkainya berwarna kecoklatan.
  • Batangnya mengecil dan lama kelamaan akan mengering.
  • Buahnya cukup berat.
  • Kulit buahnya akan menggelap.
  • Jika buah semangka diketuk dengan jari maka bunyinya tidak nyaring, hal tersebut pertanda buah semangka tersebut banyak isinya.

Umur panen buah semangka sekitar 3 sampai 4 bulan setelah penanaman. Tanaman semangka yang unggul dapat menghasilkan hingga 5 buah semangka tiap pohonnya.

Untuk mempercepat panen buah semangka, maka sebaiknya tanaman semangka diberikan pupuk organik tambahan. Selain itu, penutupan tanah (mulching) di bawah tanaman semangka dengan rami atau plastik juga perlu dilakukan. Dengan cara tersebut buah-buah semangka tidak akan terkena percikan air tanah yang dapat membawa penyakit busuk.

Bila ditanam pada musim hujan, sebaiknya tanaman semangka dirambatkan pada ajir-ajir yang dipasang di samping tiap-tiap tanaman, kemudian ujung-ujung dari kedua barisan ajir yang berdekatan diikat menjadi satu supaya menjadi kuat. Cara ini bisa menghindari tanaman semangka dari ancaman serangan cendawan daun.

Nah itulah ciri-ciri semangka siap panen yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat ! Baca juga ciri-ciri khusus tanaman semangka :)