CIRI-CIRI TANAMAN BAWANG DAUN

Materi pertanian kali ini akan membahas tentang ciri-ciri tanaman bawang daun & deskripsi tanaman bawang daun (karakteristik bawang daun).

Ciri-Ciri Bawang Daun

Ciri morfologi bawang daun / ciri-ciri tumbuhan bawang daun itu seperti apa sih ?

Bawang daun adalah tanaman setahun yang berbentuk rumput dan termasuk ke dalam famili Liliaceae. Nama latin bawang daun adalah allium fistulosum (varietas bawang bakung). Bawang daun diperbanyak dengan stek-stek tunasnya (anak-anaknya), yakni bagian dari tanaman dalam satu rumpun yang dipisahkan dari induknya.

Bawang daun (yakni daun-daun yang masih muda dan bagian batang yang terpendam dalam tanah) dapat dipergunakan untuk campuran bakmi, sop, dipais atau dipepes dengan oncom dan masakan-masakan Cina lainnya. Fungsinya dalam tubuh hampir sama dengan manfaat bawang merah.

Dalam kebutuhan sehari-hari, jenis bawang ini menduduki tempat yang penting sesudah bawang merah. Hampir setiap orang menyukai bawang daun, karena dapat memberikan rasa enak pada sayuran, terutama pada bakmi dan masakan-masakan Cina lainnya. Selain itu, nilai gizi bawang daun ini ternyata lebih baik daripada bawang merah. Bawang daun banyak mengandung vitamin A, sedikit vitamin B serta vitamin C.

Bawang daun banyak sekali ditanam di dataran tinggi, terutama yang berhawa sejuk seperti Cipanas (Pacet), Lembang, Malang dan lain sebagainya. Namun, bawang daun inipun dapat pula ditanam di dataran rendah, misalnya di daerah Jakarta, Depok dsb dengan hasil baik. Bawang daun adalah tanaman yang tahan hujan.

Syarat tumbuh bawang daun yaitu tanahnya harus subur, gembur, dan derajat keasaman tanah (pH)nya antara 6,5 s/d 7,5. Tanaman ini tidak memerlukan perawatan yang sulit. Oleh karena itu, tanaman bawang daun ini sangat dianjurkan untuk ditanam di pekarangan-pekarangan rumah.

Apa saja macam macam bawang daun / jenis bawang daun ?

Jenis tanaman bawang daun secara umum terbagi 2 yakni :

  • Bawang bakung atau bawang semprong, yang sering juga dinamakan ’’sibol” (Allium fistulosum L).
  • Bawang prei atau yang juga disebut ’’leek” (Allium porum).

Ciri-ciri tumbuhan bawang daun jenis bawang bakung daunnya bulat panjang dan di dalamnya berlubang seperti pipa, kadang-kadang dapat berumbi walaupun kecil. Sedangkan ciri morfologi bawang daun jenis bawang prei daunnya panjang, pipih berpelapah panjang dan liat, akan tetapi tidak berumbi.

Kedua jenis bawang ini biasa dimakan daunnya ketika masih muda bersama sebagian batang atau kelopak daunnya yang terpendam di dalam tanah yang berwarna putih. Varietas bawang daun yang terkenal antara lain Plumpung, Nyonya, dan Mambo.

Itulah beberapa ciri-ciri tanaman bawang daun secara umum. Semoga bermanfaat ! Baca juga hama dan penyakit tanaman bawang merah :)