CIRI-CIRI TANAMAN BAYAM

Artikel ciri tanaman bayam akan menjelaskan beberapa ciri ciri tumbuhan bayam dan manfaat tanaman bayam bagi kesehatan.

Ciri Ciri Tanaman Bayam

Bayam dapat tumbuh sepanjang tahun, baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi (pegunungan). Derajat keasaman tanah (pH tanah) yang baik untuk tumbuhnya adalah antara 6 – 7. Di bawah pH 6, tanaman bayam akan merana, sedangkan di atas pH 7, tanaman akan menjadi klorosis (warnanya putih kekuning-kuningan terutama pada daun-daun yang masih muda).

Tanaman bayam tidak memerlukan banyak perawatan. Hama pada tanaman bayam juga lebih sedikit dan relatif mudah untuk ditangani.

Cara memasaknyapun sangatlah mudah. Cukup memasukkan daun-daun bayam itu ke dalam air yang sedang mendidih selama kira-kira 5 menit. Perlu diingat, bahwa merebus bayam terlalu lama dapat menyebabkan daun-daun itu menjadi hancur (lonyoh), rasanya tidak enak dan vitamin C nya juga hilang.

Bayam dapat ditanam di pekarangan rumah yang sempit sekalipun. Waktu bertanam yang terbaik adalah pada awal musim hujan (bulan Oktober/Nopember) atau pada awal musim kemarau (bulan April/Maret).

Bayam banyak mengandung vitamin A, Vitamin C dan sedikit vitamin B serta banyak mengandung garam-garam mineral yang penting (kalsium, posphor, besi) untuk mendorong pertumbuhan badan dan menjaga kesehatan. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai manfaat bayam bagi kesehatan tubuh, kamu bisa baca >> jenis bayam dan manfaatnya. Semoga bermanfaat :)