CIRI CIRI TOMAT DAN MANFAATNYA

Artikel tentang tomat ini membahas tentang ciri ciri tomat dan fungsinya / ciri-ciri dan kegunaan tomat.

Ciri Ciri Tomat dan Manfaatnya

Ciri-ciri dan manfaat tomat itu seperti apa sih ?

Tomat adalah tanaman setahun yang berbentuk perdu. Bentuk buahnya, bermacam-macam, ada yang bulat ada yang bulat pipih dan ada pula yang seperti bola lampu, akan tetapi semuanya berdaging, banyak mengandung air dan tersusun dalam tandan-tandan. Daunnya bercelah menyirip dan tersusun dalam sebuah tangkai bersama.

Tomat termasuk sayuran buah yang paling digemari oleh setiap orang. Hal ini disebabkan karena rasanya yang enak, segar dan sedikit asam. Tomat banyak mengandung merupakan sumber vitamin A, vitamin C dan sedikit vitamin B, terutama pada buah tomat yang telah tua (merah). Banyak vitamin A adalah 2 sampai 3 kali banyaknya vitamin A yang terkandung dalam buah semangka.

Syarat Tumbuh Tanaman Tomat

Tomat dapat ditanam di mana saja, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi (pegunungan). Syarat-syarat yang penting untuk tumbuhnya ialah : tanahnya gembur, sarang (sedikit mengandung pasir), subur (banyak mengandung humus atau bunga tanah). Tanah liat yang sedikit mengandung pasir adalah yang paling disenangi.

Derajat keasaman tanah (pH) adalah antara 5 sampai 6. Akan tetapi tanaman tomat peka sekali terhadap zat-zat makanan dalam tanah yang sedikit kelebihan atau sedikit kekurangan terutama terhadap unsur nitrogen (zat lemas), dan tidak tahan terhadap hujan.

Luas areal tanaman tomat di Indonesia antara tahun 1961 — 1967 ialah rata-rata 4.100 ha, dan antara 1969 — 1970 rata-rata 8.200 ha.

Tanaman tomat memerlukan perawatan yang khusus (sulit) terutama penjagaannya terhadap serangan-serangan hama dan penyakit. Walaupun demikian tomat telah banyak ditanam secara komersil karena banyak memberikan keuntungan.

Waktu bertanam terbaik ialah dua bulan sebelum hujan berakhir (bulan Maret), hingga waktu berbuah jatuh pada musim kemarau, yakni ketika masih ada hujan sedikit-sedikit (akhir musim hujan).

Akan tetapi dapat pula ditanam pada awal musim hujan (awal bulan Oktober), hanya tanaman sering mengalami kegagalan, karena banyak serangan penyakit daun dan buahnya banyak yang pecah, hingga menurunkan mutunya. Di tempat-tempat yang dapat diairi (digenang), misalnya sawah, yang paling baik ialah apabila ditanam pada awal musim kemarau (bulan April, Mei/Juni).

Manfaat Buah Tomat

Apa manfaat buah tomat untuk kesehatan dan kecantikan ?

Buah tomat (tomat) dapat dipergunakan untuk bumbu sayur, untuk menggoreng nasi,, bakmi, dimakan mentah (buah yang telah merah), untuk bikin tomato kecap dan lain sebagainya. Manfaat buah tomat untuk kesehatan antara lain untuk  membersihkan darah dan memperlancar pencernaan makanan dalam perut.

Orang-orang yang menderita penyakit wasir (haemorrhoid) harus banyak-banyak makan tomat. Akan tetapi orang-orang yang sering menderita penyakit perut tidaklah baik makan tomat.

Dalam perawatan kecantikan, air tomat dapat melincinkan kulit terutama muka. Terhadap anak-anak (bayi) dan orang-orang yang baru menderita sakit baik sekali diberikan rujak tomat (air tomat dan gula).

Itulah penjelasan singkat mengenai ciri ciri tomat dan manfaatnya. Baca juga cara budidaya kangkung yang benar & jenis jenis kangkung :)