HAMA DAN PENYAKIT KEDELAI EDAMAME

Artikel edamame ini akan membahas mengenai hama dan penyakit kedelai edamame dan bagaimana cara mengatasi hama edadame tersebut.

Hama Edamame

Apa saja yang menjadi hama dan penyakit edamame ?

Hama dan penyakit yang menyerang kedelai edamame pada umumnya hampir sama dengan yang menyerang kedelai biasa. Jenis hama dan penyakit yang sering ditemui dalam budidaya keledai edamame antara lain sebagai berikut :

Hama penggerek polong kedelai (Etiella zinckenela)

Gejala serangan hama penggerek polong kedelai ini ditandai dengan timbulnya bolong-bolong pada polong. Hal ini dikarenakan larva hama penggerek tersebut masuk dan menetap di dalam polong kedelai. Cara pengendalian hama penggerek polong ini bisa dilakukan dengan cara penyemprotan Karphos dan Surecide 1 s/ 2 cc per liternya.

Hama kumbang daun kedelai (Phaedonia inclusa)

Hama kumbang daun pada umumnya menyerang tanaman edamame yang masih muda. Dalam satu kali musim tanam, hama kumbang ini dapat menyerang edamame 2 sampai 3 kali. Cara pengendalian hama kumbang ini bisa dilakukan dengan melakukan penyemprotan Tamaron dan Azodrin Karphos dengan dosis 1 s/d 2 cc per liternya, disesuaikan dengan umur tanamannya.

Hama ulat prodenia (Prodenia litura)

Gejala serangan hama ulat ini bisa dilihat dari mengkroposnya jaringan epidermis daun. Ulat prodenia ini hinggap di bawah permukaan daun. Cara pemberantasannya bisa dilakukan dengan melakukan penyemprotan insektisida pada pagi dan sore hari.

Hama lalat bibit (Agromiza phaseoli)

Jika kamu menemukan adanya bercak bercak daun ataupun pada keping biji terutaman pada tanaman edamame muda, itu adalah pertanda serangan hama lalat bibit. Hama lalat bibit ini menyerang mulai dari akar sampai batang dan membuat tanaman kedelai edamame menjadi menguning, layu dan akhirnya mati.

Cara pengendalian hama ini bisa dilakukan dengan penyemprotan insektisida seperti Karphos, Furadan, Tamaron, Azodrin ataupun Surecide dengan dosis 1 s/d 2 cc per liternya.

Hama kepik hijau (Nezara viridula)

Gejala serangan hama kepik hijau bisa dilihat dari mengempisnya polong. Hal ini disebabkan karena imago dan nympha kepik hijau menusuk dan menghisap polong. Cara pengendalian hama kepik hijau bisa dilakukan dengan penyemprotan azodrin bersosis 1 s/d 2 cc per liter.

Hama kepik polong (Riptortus linearis)

Hampir sama dengan kepik hijau, yang membedakan hanyalah warnanya saja. Kepik polong warnanya tidak hijau seperti hama kepik hijau. Pengendalian hama kepik ini bisa dilakukan dengan melakukan penyemprotan bayrusil dengan dosis 1 s/d 2 cc per liter.

Penyakit Kedelai Edamame

Penyakit mosaik

Penyakit mosaik disebabkan oleh virus mozaik kedelai (SMV). Penyakit kedelai edamame ini ditularkan oleh vektor Aphis glicines atau melalui cairan tanaman dan biji. Pengendalian penyakit mosaik bisa dilakukan dengan menghindari penggunaan benih dari tanaman yang telah terinfeksi dan membasmi vektornya dengan penyemprotan insektisida.

Penyakit karat

Penyakit karat adalah munculnya bintik bintik berwarna kecoklatan pada bagian bawah daun yang disebabkan oleh jamur Phakopspora pachhyrhizi. Efeknya yaitu polong edamame tidak maksimal terisi penuh karena proses penyerbukannya terganggu. Pengendalian penyakit karat bisa dilakukan dengan melakukan penyemprotan fungisida seperti benlate atau dithane dengan dosis 2 gram per liter.

Penyakit bercak daun

Penyakit bercak daun disebabkan oleh bakteri Xanthomonas phaseoli. Gejala dan pengendaliannya hampir sama dengan penyakit karat. Yang membedakan hanyalah warna bercaknya saja. Bercak daun ini berwarnanya kekuning kunignan dan berwarna merah kecoklatan pada tengah bercaknya. Bercak tersebut bisa membesar mirip seperti daun yang telah mati.

Penyakit busuk batang

Penyakit busuk batang ini ditandai dengan membusuknya batang dan lama kelamaan akan mati. Penyakit ini disebabkan oleh jamur Phytium sp dan banyak dijumpai pada tanaman muda dengan tingkat kelembapan yang tinggi. Cara pengendalian penyakit busuk batang ini bisa dilakukan dengan melakukan penyemprotan fungisida seperti Dithane atau Benlate dengan dosis 2 gram per liter.

Nah itulah beberapa jenis hama dan penyakit kedelai edamame. Lihat juga pengertian edamame & syarat tumbuh edamame :)