HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN ASPARAGUS

Artikel tanaman asparagus kali ini akan membahas mengenai hama dan penyakit tanaman asparagus.

Hama Tanaman Asparagus

Apa saja jenis hama tanaman asparagus & penyakit tanaman asparagus ?

Pada dasarnya tanaman asparagus tidak terserang hama dan penyakit yang terlalu banyak. Salah satu penyakit yang sering menyerang tanaman asparagus adalah penyakit bercak daun dan ranting asparagus. Penyebab penyakit bercak daun adalah sejenis fungi atau jamur.

Penyakit bercak daun ini menyerang daun sehingga mengakibatkan daun asparagus memiliki semacam berbercak-bercak berwarna kuning sampai merah kecokelatan.

Pemberantasan penyakit bercak daun dan ranting asparagus ini bisa dilakukan dengan penyemprotan fungisida yang banyak mengandung bahan dasar tembaga seperti insoluble coppers, bubur burgundy, bubur bordo, dsb.

Pengendalian lainnya yaitu dengan cara melakukan pembumbunan. Pembumbunan bisa dilakukan satu bulan sekali atau bisa lebih tergantung sedikit banyaknya curah hujan ataupun jumlah rumput yang mengganggu. Kita juga bisa melakukan penjarangan yaitu membuang beberapa tanaman asparagus yang sudah kering atau tua untuk menghindari penyebaran penyakit pada tanaman asparagus lainnya.

Semoga penjelasan singkat mengenai hama dan penyakit tanaman asparagus ini bisa dengan mudah dimengerti. Lihat juga syarat tumbuh asparagus & benih tanaman asparagus :)