HAMA PADA TANAMAN BAYAM

Artikel hama pada tanaman bayam ini akan menjelaskan hama dan penyakit pada tanaman bayam.

Hama Pada Tanaman Bayam

Apa saja hama dan penyakit tumbuhan bayam ?

Hama penyakit pada tanaman bayam tidaklah terlalu banyak. Beberapa hama dan penyakit pada sayur bayam yang seringkali mengganggu para petani di antaranya adalah sebagai berikut :

Jamur Berbulu Halus ( downy mildew )

Gejala serangan penyakit bayam ini ditandai dengan menguningnya daun di bagian atas. Sedangkan di bagian bawah daun berwarna hijau keunguan. Lama kelamaan seluruh daun akan berubah warna menjadi cokelat. Penyebab penyakit ini biasanya dikarenakan bayam ditanam pada saat cuaca terlalu dingin dan basah.

Untuk mencegah meluasnya serangan hama penyakit tanaman bayam jenis ini, daun yang sudah terserang harus dipetik. Kemudian dilakukan penyemprotan dengan Dithane berdosis 1,5 s/d 2 gram / liter air pada seluruh tanaman. Selain itu, juga perlu dibuat drainase air yang baik, sistem penanaman rotasi, dan penjarangan tanaman yang tepat.

Kekurangan Mangan ( Mn )

Gejala penyakit bayam jenis ini adalah munculnya bintik-bintik kuning pada tulang daun. Pertumbuhan daun bayam melambat dikarenakan tepi daun mengkeriting. Gejala kekurangan mangan ini banyak ditemui saat cuaca panas dan musim kemarau.

Pengendalian penyakit pada bayam ini bisa kita diberikan multitonik yang mengandung zat mangan ke dalam tanah. Untuk pencegahannya bisa dilakukan dengan memberikan zat kapur pada saat pengolahan tanah, khususnya pada tanah yang sekiranya kurang akan zat mangan.

Spinach blight

Jenis hama yang menyerang tanaman bayam ini serangannya ditandai dengan menyempit, menggulung, mengecil, dan mengerutnya daun. Permukaan daun bayam menjadi berwarna kuning khususnya daun muda. Penyebab penyakit bayam spinach blight ini adalah virus mozaik cucumber.

Pengendalian penyakit tanaman bayam secara mekanik bisa dilakukan dengan segera mencabut dan menghancurkan bayam yang telah terinfeksi. Pencegahannya bisa dilakukan dengan cara menyiangi gulma-gulma dengan tekun, terutama gulma yang berbahaya.

Noda daun (leaf spot)

Gejala serangan penyakit ini ditandai dengan adanya noda cokelat pada setengah bagian daun, kemudian meluas, dan lama kelamaan akhirnya menghancurkan daun.

Daun yang telah terserang harus segera dipetik dan dibakar guna mencegah meluasnya penyakit. Selanjutnya tanaman yang belum terserang disemprot dengan Dithane berdosis 1,5 gram s/d 2 gram / liter air.

Nah itulah beberapa pengendalian hama dan penyakit tanaman bayam. Semoga artikel hama dan penyakit pada tanaman bayam ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga jenis-jenis bayam & syarat tumbuh bayam :)