JAMUR PENYEBAB PENYAKIT PADA TANAMAN

Artikel jamur penyebab penyakit tanaman ini akan menjelaskan macam-macam jamur penyebab penyakit tumbuhan / penyakit yang disebabkan oleh jamur pada tanaman.

Jamur Penyebab Penyakit Pada Tanaman

Jamur penyebab penyakit pada tanaman sebenarnya tidaklah terlalu banyak jenisnya. Namun, penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur ini  biasanya akan sangat merusak tanaman dari segi ekonomisnya. Munculnya penyakit pada tumbuhan karena jamur banyak ditemui di wilayah Indonesia. Hal ini dikarenakan wilayah Indonesia merupakan wilayah yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi.

Oleh karena itu para petani wajib mengetahui metode penanggulangan serta gejala-gejala penyakit pada tumbuhan yang disebabkan jamur. Hal ini berguna untuk meminimalisir dampak kerugian yang diakibatkan oleh jamur tersebut.

Apa saja contoh jamur pada tumbuhan & penyakit yang disebabkan oleh jamur pada tumbuhan ?

Macam-macam jamur pada tumbuhan serta penyakit tanaman yang disebabkan jamur antara lain sebagai berikut :

Jamur Pyihium dan Rhizoctonia

Jenis jamur ini menyerang bibit di persemaian. Bibit tampak mengering dengan warna coklat sampai hitam, kemudian mati dan batang yang ada di dalam tanah busuk. Pencegahan dan cara membasmi jamur pada tumbuhan dapat dilakukan dengan :

  • Melakukan penyemprotan dengan bubur Bordo, COC, Dithane dan Algalol.
  • Segera melakukan pencabutan tanaman yang terkena penyakit.
  • Membuat bedengan persemaian yang dikerjakan sebaik mungkin.

Jamur Phytophthora infestans

Jamur ini dapat menyerang semua jenis tanaman dan menyerang seluruh bagian tanaman tanpa memandang umur. Merupakan penyakit tanaman sayuran yang sangat berbahaya, dapat merusak pada tanaman di persemaian, daun, batang maupun akar. Kebanyakan orang mengenal sebagai penyakit lanas. Tanaman yang diserang seperti mendapat siraman air panas, lemah lunglai, layu dan akhirnya mati.

Pencegahan dan pemberantasan penyakit pada tumbuhan akibat jamur ini dapat dilakukan dengan cara :

  • Mengadakan rotasi tanaman yang baik.
  • Jangan menanam tanaman yang mempunyai penyakit yang sama dengan tanaman sebelumnya
  • Tanaman yang menunjukkan gejala-gejala sakit harus segera dicabut.
  • Persemaian disemprot dengan BB atau fungisida lain misalnnya. Coneprox, COC dan lain sebagainva.

Jamur alternaris brassicae

Penyakit jamur ini banyak menyerang tanaman kubis. Dari biji yang belum tumbuh hingga daun-daun yang sudah tua. Cara mengatasi jamur pada tumbuhan ini bisa dilakukan dengan :

  • Menyimpan biji atau benih dengan baik dan bersih.
  • Pada tanaman yang sudah tumbuh, disemprot dengan Coper lonakol 4 — 6 kg dicampur dengan 400 liter air untuk setiap hektar.

Jamur Cercospora beticola

Menyerang daun pada tanaman di persemaian maupun di pertanaman, daun yang diserang wamanya menjadi kuning. Pencegahan dan pemberantasannya bisa dilakukan dengan cara :

  • Mengadakan pergiliran tanaman yang baik.
  • Biji yang akan disemai didesinfektans dalam larutan perak nitrat 0,1% atau formalin 0,25% selama 1/2 jam.
  • Disemprot dengan COC atau bubur Bordo.

Jamur Fusarium oxysporum

Menyerang daun bagian yang terbawah sehingga warnanva menjadi kuning, akhirnya rontok dan tanaman mati. Banyak terjadi di daerah-daerah yang suhunya tinggi. Cara menghilangkan jamur pada tanaman bisa dilakukan dengan melakukan penyemprotan dengan fungisida.

Itulah beberapa jenis penyakit pada tanaman yang disebabkan jamur yang wajib kamu ketahui. Baca juga macam macam hama ulat & jenis hama serangga pada tumbuhan :)