JENIS ASPARAGUS

Artikel jenis asparagus ini akan menjelaskan tentang jenis jenis tanaman asparagus & contoh sayuran asparagus.

Jenis Asparagus

Apa itu sayur asparagus ? Apa sih asparagus serta apa manfaat asparagus ?

Asparagus adalah tanaman sayur berjenis rebung yang termasuk ke dalam famili Liliaceae. Sayuran asparagus adalah tanaman berumah dua dimana dalam satu tanaman ada yang berspesies jantan dan betina.

Asparagus berasal dari negara Amerika dan banyak ditanam di kawasan Amerika Utara seperti New Jersey, Illionis, Carolina Selatan, dan sekitarnya . Namun sekarang, tanaman sayuran asparagus ini banyak di jumpai di daerah Asia terutama Indonesia.

Jenis rebung yang dikonsumsi oleh masyarakat adalah rebung asparagus yang teksturnya lembut, besar serta berwarna putih dan tidak kusam. Rebung asparagus ini bisa dikonsumsi sebagai sayuran segar atau juga bisa dijadikan sebagai makanan dalam kemasan seperti makanan kaleng.

Manfaat asparagus bagi kesehatan adalah untuk melancarkan peredaran darah, melancarkan pencernaan dan turut menjaga kesehatan ibu hamil dan menghindari bayi lahir cacat karena asparagus banyak mengandung folat. Selain itu tentunya masih banyak lagi manfaat asparagus untuk kesehatan.

Lalu apa saja jenis-jenis asparagus / varietas asparagus ?

Jenis jenis tanaman asparagus yang unggul dan merupakan varietas komersial antara lain sebagai berikut :

Accel

Jenis tanaman asparagus ini teksturnya cukup kuat dan tebal. Ciri tumbuhan asparagus ini yaitu mempunyai berat sekitar 20 gram setiap rebungnya serta mengandung lebih sedikit zat anthocyanin.

Martha Washington

Jenis asparagus ini adalah salah satu varietas asparagus unggul di Amerika karena mempunyai ukuran rebung yang besar. Selain itu jenis rebung ini juga kebal terhadap penyakit karat ( lihat >> hama dan penyakit tanaman asparagus )

Connovers Colossal

Ciri-ciri jenis asparagus ini yaitu mempunyai ukuran batang yang cukup tebal dan besar. Biasanya ditanam di daerah dataran tinggi dengan suhu yang dingin. Tanaman asparagus ini banyak digunakan sebagai bibit asparagus.

Geinjlim (F1)

Geinjlim adalah varietas asparagus yang mempunyai rebung yang tebal serta umur produksi & masa pertumbuhan yang lebih cepat daripada jenis tanaman rebung lainnya.

Nah semoga artikel singkat tentang jenis sayuran asparagus / contoh sayuran asparagus ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian pemupukan & jenis kapur pertanian :)