JENIS BAYAM DAN MANFAATNYA

Artikel jenis bayam dan manfaatnya ini merupakan materi pelengkap dari artikel jenis jenis bayam.

Jenis Bayam dan Manfaatnya

Bayam ( nama latin = Amaranthus sp.) termasuk ke dalam famili Amaranthaceae. Suku ini banyak sekali jenisnya, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Bayam tanah (Amaranthus blitum L).

2. Bayam berduri (Amaranthus spinosus L).

Kedua jenis bayam tersebut tumbuhnya liar, artinya tidak diusahakan orang. Akan tetapi bayam ini enak dimakan. Hanya rasanya agak keras (kaku) dan kasap. Warna batangnya kemerah-merahan. Dari sekian banyak jenis bayam yang biasa ditanam dan dibudidayakan umumnya berbiji hitam, jenis-jenisnya antara lain adalah :

a. Bayam cabutan yang biasa disebut bayam sekul (Amaranthus tricolor L). Jenis bayam ini ada yang batangnya berwarna kemerah-merahan (bayam merah) dan ada pula yang berwarna hijau keputih-putihan (bayam putih).

Bayam putih lebih enak dari pada bayam merah. Bayam cabutan ini mempunyai bunga yang terdapat pada ketiak-ketiak cabangnya. Jenis bayam ini biasa ditanam di tegalan dan dijual dengan batang-batangnya dalam bentuk ikatan-ikatan sebesar lingkaran dua jari.

b. Bayam tahun yang biasa disebut maksi, sekop dan kakap (Amaranthus hybridus L.). Jenis bayam ini mempunyai daun yang lebar-lebar. Dari Amaranthus hybridus ini dikenal 2 varietas, yaitu : varitas Caudatus dan varitas Paniculatus L.

Varitas yang pertama mempunyai daun agak panjang dengan ujung runcing dan berwarna hijau atau merah tua. Bunganya dalam rangkaian panjang dan berkumpul pada ujung-ujung batang.

Sedangkan varitas yang kedua pada dasar daunnya lebar dan berwarna hijau dengan rangkaian bunga yang panjang dan lebih teratur dari pada varitas Caudatus. Yang terakhir ini rangkaian-rangkaian bunganya tersebar pada tiap-tiap ketiak daun (cabang).

Bayam menahun biasa ditanam di pinggir-pinggir pekarangan rumah dan yang dipungut daun-daunnya (ujung-ujung cabangnya saja), walaupun dapat pula diusahakan sebagai bayam cabutan. Bayam Maksi berbiji putih.

Manfaat Bayam

Apa manfaat bayam bagi tubuh / apa kegunaan bayam bagi tubuh ?

Daun bayam (bayam) dapat disayur bening, dibuat pecal, gado-gado dan lain sebagainya. Anak-anak (bayi) baik sekali diberi makan bayam, misalnya sebagai campuran dalam nasi tim. Demikian pula terhadap orang-orang yang baru saja sembuh dari menderita sesuatu penyakit.

Manfaat bayam bagi kesehatan adalah dapat membantu memperbaiki daya kerja buah pinggang, dan melancarkan pencernaan. Akar bayam merah dapat dipergunakan sebagai obat terhadap penyakit disentri. Untuk detailnya kamu bisa lihat >> tabel kandungan gizi bayam

Nah itulah penjelasan singkat mengenai jenis bayam dan manfaatnya. Semoga berguna bagi pembaca materipertanian.com. Lihat juga materi cara budidaya lobak :)