JENIS JENIS BAYAM

Materi pertanian bayam ini akan menjelaskan macam-macam jenis bayam / varietas bayam & deskripsi varietas bayam.

Jenis Jenis Bayam

Apa saja macam-macam tanaman bayam / macam macam varietas bayam ?

Saat ini ada banyak sekali varietas bayam, tetapi yang termasuk bayam komersial kebanyakan adalah bayam cabutan, antara lain Cumy, Green Lake, Spark, dan Trayfull.

Trayful

Pertumbuhan varietas bayam ini cukup kuat, tunas daunnya banyak, dan produksinya tinggi. Varietas ini sangat cocok sekali ditanam di daerah yang beriklim sedang sampai dingin. Deskripsi varietas bayam ini berdiri tegak. Tangkai daunnya kecil dan panjang. Daunnya berserat halus berwarna hijau dengan bentuk sempit serta agak bergerigi. Benih bayam jenis ini bentuknya bulat, tidak berduri serta mudah ditanam.

Green Lake

Jenis bayam ini secara keseluruhan hampir sama dengan bayam trayful. Berdiri tegak dan daunnya berwarna hijau terang.

Cuumy

Pertumbuhan varietas bayam ini sangat cepat dan kuat. Selain itu tingkat produksinya juga cukup tinggi. Varietas bayam ini sangat cocok ditanam di daerah beriklim sedang serta dingin. Akan lebih optimal jika ditanam di daerah dataran tinggi. Ciri cirinya daunnya lebar dengan tepi daun sedikit bergerigi berwarna hijau tua. Pertumbuhan batangnya sedikit agak lambat dan mempunyai tangkai daun yang panjang.

Spark

Varietas bayam ini sangat cocok ditanam di daerah yang dingin. Produksinya cukup tinggi dan pertumbuhannya juga cepat dan kuat. Deskripsi varietas bayam ini yaitu tanamannya berdiri tegak, tinggi dan besar. Tangkai daunnya panjang, daunnya berwarna hijau, tidak pahit dan berserat halus.

Nah itulah jenis jenis bayam yang sering diperdagangkan saat ini. Lihat juga tabel kandungan gizi bayam & jenis sayuran komersial :)