JENIS JENIS TERONG DAN CIRI CIRINYA

Artikel tentang terong ini akan menjelaskan macam-macam terong dan ciri-cirinya | macam-macam terong dan manfaatnya.

Jenis Jenis Terong dan Ciri Cirinya

Apa saja macam jenis terong / varietas tanaman terong saat ini ?

Terung (nama latin = Solanum melongena L.) termasuk ke dalam famili Solanaceae. Dari jenis ini dikenal beberapa macam varietas terong unggul di antaranya adalah :

  • Terung kopek yaitu jenis terong yang buahnya bulat panjang dengan ujung yang tumpul. Warnanya ada yang ungu dan ada pula yang hijau keputih-putihan.
  • Terung Craigi, buahnya bulat panjang dengan ujung runcing. Buahnya ada yang lurus dan ada yang bengkok, warnanya ungu.
  • Terung Bogor, atau terung kelapa, yang buahnya bulat besar, berwarna putih atau hijau keputih-putihan dan rasanya renyah agak getir.
  • Terung Gelatik atau terung lalap, yang buahnya seperti terung Bogor, akan tetapi lebih kecil. Warnanya ungu atau putih keungu-unguan. Rasanya rangu, akan tetapi tidak getir. Terung Gelatik dan Bogor ini banyak dimakan orang sebagai lalapan mentah, terutama di Jawa Barat. Akan tetapi, setelah tua keempat macam terung tersebut berkulit kuning.

Manfaat Terong

Jenis dan macam terong ternyata banyak manfaatnya. Buah terong bisa disayur lodeh, diopor dan dilalab mentah. Terong gelatik biasanya hanya dilalab mentah.

Akan tetapi orang-orang yang sedang menderita penyakit radang usus buntu atau radang bagian anusnya, begitupun wanita-wanita yang sedang menderita sakit pembesaran kandungannya tidak diperbolehkan makan buah terung, karena dapat menimbulkan hal-hal kurang baik. Mungkin hal ini disebabkan karena biji terung tersebut.

Itulah macam macam jenis terong yang wajib kamu ketahui. Semoga artikel jenis jenis terong dan ciri cirinya ini bisa bermanfaat bagi para pembaca MateriPertanian.com :)

Baca juga >> syarat tumbuh tanaman terong & cara budidaya tanaman tomat yang baik.