JENIS JENIS TOMAT UNGGULAN

Artikel tomat ini membahas tentang macam-macam varietas tomat & jenis tomat unggulan.

Jenis Tomat Unggulan

Apa saja macam macam jenis tomat yang termasuk ke dalam jenis bibit tomat unggulan ?

Tomat (Lycopersicum esculentum Mill) atau yang dulu disebut Solanum lycopersicum L. termasuk ke dalam famili Solanaceae. Jenis (species) ini terbilang banyak sekali macam ragamnya. Jenis-jenis tomat di indonesia juga tak kalah banyaknya. Akan tetapi yang terkenal sebagai varietas unggul tanaman tomat yaitu subspecies :

  • Tomat apel (L. pyriforme), deskripsi varietas tomat ini bentuk buahnya bulat, kuat (kompak) dan sedikit keras seperti buah apel (pir), misalnya : super market.
  • Tomat biasa (L. commune), yang buahnya bulat pipih, lunak, bentuknya tidak teratur dan sedikit beralur-alur di dekat tangkainya. Tomat inilah yang banyak dijual di pasar-pasar, misalnya: Porselen.
  • Tomat kentang (L. grandifolium), bentuk buahnya bulat besar, padat (kompak) seperti apel, hanya lebih kecil dari pada tomat apel dan daunnya lebar-lebar.
  • Tomat keriting (L. validum) deskripsi varietas tomat ini bentuk buahnya agak lonjong, keras, daunnya, rimbun berkeriting seperti terserang oleh penyakit virus keriting, berwarna hijau kelam.

Tomat apel lebih baik jika ditanam di dataran tinggi, sedangkan tomat biasa lebih baik jika ditanam di dataran rendah.

Apa saja jenis varietas tomat dataran tinggi ?

Macam macam varietas tomat unggulan yang baik untuk dibudidayakan antara lain adalah : moneymaker, maas-cross, extase, bonset dan monresist yang semuanya berbuah sedang, Geraldton Smooth Skin dan Indian River, yang semuanya berbuah besar. Varitas-varitas tomat tersebut hanya baik ditanam di dataran tinggi.

Apa saja jenis varietas tomat unggul dataran rendah ?

Varietas tomat unggul VC.11-1, VC.48-1, AV-15, AV-33 (Tomat VC. 11-1 dan AV-33 masing-masing dikenal dengan nama Ratna dan Intan) dan lain sebagainya baik sekali untuk dataran rendah. Varitas-varitas tomat tersebut termasuk type tomat apel.

Selain itu masih ada jenis tomat yang tidak berarti dalam pasaran, karena buahnya bulat kecil-kecil sebesar kelereng, akan tetapi tomat ini agak tahan terhadap hujan dan penyakit layu. Tomat ini biasa disebut tomat liar (Lycopersicum cerasiforme, L. hirsutum dan lain-lain) dan tomat ranti (Lycopersicum pimpinellifolium). Buahnya sebesar kelereng, berwarna merah (ranti), dan hitam (tomat liar).

Baca juga ciri ciri tomat dan manfaatnya supaya kamu lebih tau mengenai macam macam tomat dan manfaatnya :)