JENIS JENIS VARIETAS TANAMAN SAWI

Artikel jenis sawi ini akan menjelaskan macam-macam tanaman sawi & deskripsi varietas tanaman sawi.

Jenis Jenis Varietas Tanaman Sawi

Macam-macam tanaman sawi / varietas tanaman sawi itu ada apa aja sih ?

Nama latin sawi adalah Brassica juncea L. Coss. Sawi termasuk ke dalam famili Crusiferae. Sawi sudah lama ada di wilayah Indonesia dan dikenal sebagai tanaman sayuran yang kaya akan kandungan gizi. Macam-macam jenis sawi yang seringkali digunakan untuk budidaya tanaman sawi sebenarnya tidaklah banyak. Hal ini dikarenakan tidak semua jenis varietas sawi cocok di lidah masyarakat.

Adapun jenis varietas tanaman sawi ungul adalah sebagai berikut :

  • Sawi putih atau yang lebih dikenal dengan sebutan sawi jabung (Brassica juncea L. var. rugosa Roxb. & Prain). Varietas sawi putih ini sangat digemari orang karena rasanya yang enak, daunnya lemas dan halus.
  • Sawi hijau. Varietas sawi hijau pada umumnya tidak terlalu disenangi orang, karena rasanya sawi ini termasuk ke dalam jenis sawi pahit.
  • Sawi huma. Jenis sawi huma ini rasanya cukup enak, namun masih kurang enak jika dibandingkan dengan sawi putih. Sawi huma ini baik sekali ditanam di tempat-tempat yang agak kering atau di tegalan-tegalan.

Dari ketiga macam varietas sawi yang disebutkan di atas, jenis sawi putih, hijau dan huma sangat mudah sekali dibedakan satu sama lainnya. Kita dapat membedakannya hanya dengan melihat habitus batang dan bentuk daunnya saji.

Morfologi tanaman sawi putih batangnya pendek, tegap dan daunnya lebar berwarna hijau tua. Daun-daunnya mempunyai tangkai yang panjang dan bersayap, dengan sayap yang melengkung ke bawah.

Ciri-ciri tanaman sawi hijau batangnya pendek, tegap dan daunnya lebar berwarna hijau keputih-putihan. Daun-daunnya mempunyai tangkai yang pipih. Adapun sawi huma batangnya kecil panjang, langsing, dan daunnya panjang sempit berwarna hijau keputih-putihan. Daun-daunnya mempunyai tangkai yang panjang dan bersayap.

Itulah beberapa jenis jenis varietas tanaman sawi unggul yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat ! Baca juga syarat tumbuh tanaman sawi & cara menanam sawi yang benar :)