JENIS JENIS VARIETAS TANAMAN SELEDRI

Jenis Jenis Varietas Tanaman Seledri

Jenis tanaman seledri / macam macam daun seledri  itu ada apa aja sih ?

Seledri termasuk ke dalam famili Umbeliflorae. Nama latin tumbuhan seledri adalah Apium graveolens L. Macam-macam tanaman seledri antara lain adalah sebagai berikut :

1. Seledri daun (A. graveolens L. var. secalinum Alef.). Yang diambil daunnya saja atau dicabut batangnya. Jenis seledri ini lebih menyukai tanah-tanah yang agak kering. Jadi lebih baik ditanam pada akhir musim hujan.

2. Seledri potongan (A. graveolens L. var. sylvestre Alef). Yang diambil batangnya. Jenis tanaman seledri ini menyukai tanah-tanah yang mengandung pasir atau kerikil dan banyak airnya, asal tidak menggenang. Akan tetapi, tanah-tanah yang mengandung lumpur sebaiknya jangan ditanami seledri. Seledri hanya baik jika ditumbuhkan di tanah-tanah yang kurus.

3. Seledri berumbi (A. graveolens L. var. rapaceum Alef), yakni seledri yang batangnya membengkak (merupakan umbi), sehingga yang dipungut hanya daun-daunnya saja.

Dari ketiga jenis varietas unggul seledri di atas, yang banyak ditanam di Indonesia adalah jenis seledri daun.

Ada lagi suatu tanaman yang menyerupai seledri potongan yang biasa disebut dengan ’’Piterseli” (Petroselinum vulgare Hill, atau Apium petroselinum L). Akan tetapi, jenis piterseli ini hanya hidup di tempat yang lembab dan teduh (tidak terkena sinar matahari langsung) dan hanya digemari oleh orang-orang Eropa saja.

Nah itulah macam macam seledri / jenis jenis varietas tanaman seledri yang perlu kamu ketahui. Lihat juga ciri ciri seledri dan manfaatnya & cara budidaya tanaman seledri :)