JENIS TANAMAN BROKOLI

Artikel jenis tanaman brokoli ini akan membahas tentang macam-macam jenis brokoliklasifikasi tumbuhan brokoli & ciri ciri fisik tanaman brokoli.

Jenis Tanaman Brokoli dan Ciri-Ciri Tumbuhan Brokoli

Apa itu brokoli ? Apa yang dimaksud dengan brokoli ?

Brokoli adalah tumbuhan sayuran yang termasuk ke dalam famili Brassicaceae, varietas botrytis L., sub-varietas Cysoma. Kata brokoli berasal dari bahasa Italia yaitu “broco” yang berarti “tunas”. Morfologi brokoli ini secara selintas mirip dengan varietas kembang kol. Yang membedakan hanyalah tangkainya yang berdaging tebal serta kepala bunganya yang terdiri dari kuntum-kuntum bunga.

Bagaimana deskripsi varietas brokoli ? Apa apa yang terkandung dalam brokoli ?

Morfologi sayuran brokoli yaitu warna kepala bunganya bisa berwarna putih, hijau, ungu, dan hijau muda tergantung varietasnya. Pada ketiak daun timbul kepala bunga yang lebih kecil dan akan keluar bila kepala bunga utama telah dipanen. Kepala bunga utama dan samping serta tangkai berdaging tebal merupakan bagian-bagian yang biasa digunakan atau dimakan.

Brokoli banyak mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalsium, thiamin, niasin, zat besi serta mengandung vitamin A dan vitamin C.

Klasifikasi tumbuhan brokoli / jenis sayuran brokoli itu apa saja sih ?

Saat ini di Indonesia ada banyak sekali macam-macam brokoli / varietas brokoli yang digunakan dalam berbudidaya brokoli. Klasifikasi tanaman brokoli di antaranya adalah sebagai berikut :

Calabres Sprouting varieties ( varietas hijau tua )

Varietas brokoli ini menghasilkan kepala bunga yang harum. Adapun varietas tanaman brokoli unggul jenis ini antara lain sebagai berikut :

  • Express Corona (Fl) yaitu jenis yang paling cepat dipanen di antara seluruh tipe brokoli hijau. Masa panen brokoli jenis ini adalah sekitar 45 hari setelah tanam.
  • Pinacle mempunyai dasar kepala bunga yang berwarna hijau dan lembut serta kebal terhadap penyakit downy mildew. Umur panen brokoli jenis ini adalah 68 hari setelah tanam.
  • Skiffi (F1) adalah jenis yang berkepala bunga hijau serta diproduksi dalam jumlah banyak. Jenis brokoli ini masa panennya sekitar 105 hari setelah tanam.
  • Elegance yaitu tanaman brokoli yang pertumbuhannya cukup kuat. Umur panen tanaman brokoli ini sekitar 50 hari setelah tanam. Bunga ini berbentuk kubah. Tunasnya sedikit. Tandan bunganya kompak dengan garis tengah sekitar 20 cm dan berat sekitar 0,7 kg. Tangkai bunganya tumbuh panjang sehingga memudahkan pemanenan.
  • Early Value yaitu tanaman brokoli yang berumur sangat pendek. Umur panen tanaman brokoliini sekitar  50 hari setelah pindah tanam atau 75 hari setelah semai. Morfologinya yaitu tidak bertunas, tandan bunganya kompak dan beratnya sekitar 0,5 s/d 0,6 kg.

Purple sprouting varieties (varietas bunga ungu)

Varietas brokoli ini tingkat kepopulerannya hampir sama dengan varietas brokoli yang berkepala hijau. Beberapa varietas brokoli yang termasuk jenis ini antara lain sebagai berikut.

  • Early purple sprouting adalah salah satu varietas kepala ungu yang paling terkenal. Ciri-ciri tanaman sayuran brokoli jensi ini yaitu tanamannya keras, kepala bunganya kompak dan sangat cepat masak.
  • RS8 4090 yaitu tanaman brokoli yang kuat dan kepala bunganya kompak. Jenis tanaman brokoli ini umur panennya sekitar 104 hari sejak disemaikan.

Nah semoga artikel klasifikasi tanaman brokoli & jenis tanaman brokoli ini bisa bermanfaat bagi para pembaca materipertanian.com. Lihat juga syarat tumbuh tanaman bit & budidaya buah bit :)