JENIS TANAMAN CABE

Materi jenis tanaman cabe kali ini akan menjelaskan macam macam jenis tanaman cabe.

Jenis Tanaman Cabe

Macam-macam tanaman cabai / macam-macam varietas cabai itu ada apa aja sih ?

Meskipun ada banyak macam macam cabai di dunia saat ini, namun macam macam cabai di Indonesia sebenarnya cuma sedikit. Hal ini dikarenakan tidak semua jenis cabai disukai masyarakat Indonesia.

Pada saat ini para petani lebih banyak membudidayakan jenis cabe rawit unggul & cabe merah. Hal ini dikarenakan permintaan pasar yang tinggi akan jenis cabe tersebut.

Cabe termasuk ke dalam famili Solanaceae dan terdiri dari beberapa macam jenis cabe, akan tetapi yang termasuk varietas cabe unggulan adalah cabe besar (Capsicum annuum L) dan cabe kecil (Capsicum frutescens L).

Yang termasuk ke dalam golongan cabe besar ialah:

Cabe Merah

Cabe merah mempunyai nama latin Capsicum annuum L. var longum L. Sendt. Jenis tanaman cabe merah ini buahnya panjang dengan ujung runcing dan bergantung pada ketiak-ketiak daun. Warna buah muda adalah hijau, dan setelah tua menjadi merah. Rasa dari jenis tanaman cabe merah ini tidak begitu pedas dan agak manis.

Varietas cabe merah besar itu apa saja sih ?

Jenis varietas cabe merah unggul adalah paprika (Capsicum longum L. Sendt). Sedangkan jenis cabe merah unggul yang tahan hujan yaitu : Tampar, Solok, dan lain-lain. Cabe Solok atau Bengkulu buahnya kecil, panjang dan langsing, tanaman ini relatif tahan terhadap hujan.

Cabe Bulat

Cabe bulat dikenal dengan sebutan cabe udel atau cabe domba. Nama latinnya adalah Capsicum annuum L. var. abbreviata Fingerhuth. Buahnya pendek dengan ujung yang tumpul, bergantung pada ketiak -ketiak daun.

Buah yang muda berwarna putih atau hijau dan setelah tua menjadi merah. Rasanya tidak begitu pedas dan manis. Jenis cabe udel ini tidak begitu disukai orang karena kurang pedas dan terlalu manis.

Sedangkan yang termasuk cabe kecil adalah :

Cabe Rawit

Cabe rawit juga dikenal dengan sebutan jemprit. Jenis tanaman cabe rawi ini buahnya kecil dan pendek, dan berdiri tegak pada ketiak-ketiak daun. Buah muda berwarna hijau, setelah tua menjadi merah dan rasanya pedas sekali sampai dapat merangsang selaput kendang telinga.

Cabe Cengek

Cabe cengek ini buahnya kecil dan pendek akan tetapi lebih besar dari pada cabe rawit dan berdiri tegak pada ketiak-ketiak daun. Buah yang muda berwarna putih dan setelah tua menjadi merah kuning. Rasanya pedas sekali, akan tetapi tidak sepedas cabe rawit.

Cabe kecil ini tahan terhadap hujan dan tahan terhadap penyakit layu, umurnya sampai bertahun-tahun. Buahnya lebat, dapat berbuah sepanjang tahun. Dari itu jenis cabe ini baik sekali untuk ditanam di pekarangan, sekaligus merupakan tanaman hias ( jenis tanaman cabe hias ).

Itulah jenis jenis tanaman cabe yang patut kamu ketahui. Baca juga syarat tumbuh tanaman cabai lengkap :)