JENIS TANAMAN KENTANG

Artikel kentang ini akan menjelaskan ciri ciri tanaman kentang, pengertian tanaman kentang, klasifikasi tumbuhan kentang & jenis tanaman kentang.

Jenis Kentang

Apa saja macam-macam jenis tanaman kentang & deskripsi varietas kentang ?

Kentang adalah tanaman yang termasuk ke dalam famili Solanaceae. Nama latin kentang adalah Solarium tuberosum L. Tanaman ini banyak sekali varietasnya, di antaranya:  Solatium andigenum L. dan Solatium demissum L., yang tahan terhadap penyakit layu. Dari jenis varietas kentang yang telah diusahakan itu, tanaman kentang dapat kita bedakan ke dalam 3 golongan yaitu :

  • Kentang yang berumbi kuning (kulit dan dagingnya), yang biasa disebut kentang kuning. Contoh varietas kentang kuning yaitu : Eigenheimer, Patrones, Rapan 106 dan Thung 151 C.
  • Kentang yang berumbi putih (kulit dan dagingnya), yang biasa disebut kentang putih. Contoh jenis varietas kentang putih yaitu : Donata, Radosa dan Sebago.
  • Kentang yang berumbi merah (kulitnya) dan berdaging kuning, yang biasa disebut kentang merah. Contoh varietas kentang merah / jenis tumbuhan kentang merah yaitu : Desiree, Arka, dan Red Pontiac).

Bagaimana cara perkembangbiakan tanaman kentang ?

Cara perkembangbiakan tanaman kentang adalah dengan cara vegetatif alami yaitu melalui umbi batang.

Dari ketiga macam jenis kentang yang telah disebutkan di atas, yang paling disenangi orang adalah kentang kuning. Hal ini dikarenakan rasanya enak, gurih, gempi dan pada umumnya sedikit berair. Ada­pun kentang putih dan merah umumnya tidak begitu disenangi, karena rasanya yang agak lembek dan sedikit berair.

Varietas-varietas kentang yang dianjurkan ( varietas kentang unggul ) yang baik digunakan dalam budidaya kentang adalah Cipanas, Desiree, Patrones, Donata, Cosima, Rapan 106 dan Thung 151 C. Varietas Desiree berkulit merah dan berdaging kuning, rasanya enak setaraf dengan kentang kuning.

Selain varietas-varietas kentang di atas, kita juga sering men­jumpai semacam kentang yang tidak termasuk suku Solanum. Kentang ini dikenal sebagai kentang hitam atau kentang Jawa (Coleus tuberosus, Benth). Jenis kentang ini termasuk ke dalam famili Labiatae (bunganya seperti bibir).

Kentang hitam ini sifatnya setengah menjalar, pada ruas-ruasnya keluar akar, daunnya ber daging (lunak) dan jika digosok berbau harum. Akan tetapi umbi-umbi kentang hitam ini berkumpul pada batang di bawah tanah seperti kentang biasa.

Umbi kentang hitam waktu masih muda berwarna putih dan setelah tua kulitnya menjadi hitam. Bentuknya kecil, bulat panjang (lonjong) dan rasanya enak tetapi sedikit getir. Kentang hitam ini banyak ditanam di dataran rendah (tanah laterit) seperti: di Jakarta dan Jawa Tengah.

Nah itulah beberapa jenis jenis tanaman kentang yang perlu kamu ketahui. Lihat juga pengertian kailan & budidaya kailan :)