JENIS VARIETAS PETSAI

Apa saja jenis varietas petsai yang baik digunakan dalam budidaya tanaman petsai ?

Varietas Petsai

Petsai atau kubis Cina (Brassica chinensis L) atau B. campestris var chinensis termasuk ke dalam famili Cruciferae. Jenis petsai antara lain ialah:

  • Petsai atau Petsai-sin (Brassica pekinensis L.) : Granat, Naga Oka.
  • Pakchoi atau Toi-sin. (Brassica chinensis L.) : Caisin atau yang juga disebut sebagai ’’petsai bunga.” Caisin ini dapat ditanam di dataran rendah dan tinggi.

Kedua jenis tanaman di atas mudah sekali dibedakan. Petsai daun-daunnya kasar berkerut-kerut rapuh dan berbulu tajam sampai halus. Kropnya panjang sampai bulat dan kompak. Adapun petsai jenis Pakchoi, daun-daunnya halus tidak berbulu, relatif lebih wulet (kuat) serta kropnya tidak kompak (tidak berkrop).

Varietas varietas petsai yang dianjurkan untuk digunakan dalam bercocok tanam petsai ialah: Granat Denmark, Amiliore, dan beberapa hybrid seperti: Naga Oka, Waka, Wong Bok dan lain-lain.

Manfaat petsai antara lain dapat disayur lodeh, dilalab masak dan lain sebagainya. Manfaat sayur petsai dalam tubuh yaitu untuk mendinginkan perut, terutama jenis Pakchoi. Ada pula yang membuat asinan dari daun Pakchoi tersebut. Daun petsai dapat diawetkan dengan jalan fermentasi yang dikenal dengan “kinchi.”

Nah semoga artikel jenis varietas petsai ini bisa membantu teman teman semua. Baca juga cara budidaya petsai & cara menanam leunca :)