KEKURANGAN DAN KELEBIHAN BORON PADA TANAMAN

Apa akibat kekurangan dan kelebihan boron pada tanaman & manfaat boron bagi tanaman ?

Fungsi Boron Pada Tanaman

Fungsi unsur boron pada tanaman sangat penting dalam meningkatkan mobilitas gula dan kalsium. Unsur ini juga berperan dalam pembelahan sel dan sintesis protein. Proses penyerbukan, pembentukan bunga, buah, dan biji tidak lepas dari pengaruh unsur borium. Walaupun peranannya sangat berarti dalam pertumbuhan tanaman, tetapi unsur ini hanya dibutuhkan dalam jumlah sedikit.

Kekurangan Boron Pada Tanaman

Walaupun dibutuhkan dalam jumlah sedikit, jika terjadi kekurangan akan menunjukkan gejala-gejala,yang nyata bagi tiap jenis tanaman. Gejala kekurangan boron pada tanaman tidaklah sama, bisa berbeda tergantung jenis tanaman.

Tanaman sayuran umbi dan kubis misalnya, akan tumbuh kerdil dengan bercak atau lubang-lubang hitam pada umbi atau akarnya bila kekurangan unsur ini. Selada dan bayam akan menunjukkan gejala pucuk yang tidak sempuma dan berwarna hitam.

Kelebihan Boron Pada Tanaman

Kelebihan unsur boron pada tanaman sangat berpengaruh pada beberapa jenis tanaman. Contohnya pada tanaman kacang-kacangan, dalam jumlah yang cukup besar akan menjadi racun.

Oke semoga bermanfaat. Baca juga fungsi tembaga pada tanaman & kekurangan dan kelebihan molibdenum pada tanaman :)