KEKURANGAN DAN KELEBIHAN FOSFOR PADA TANAMAN

Gejala kekurangan dan kelebihan fosfor pada tanaman itu apa aja sih ?

Kekurangan dan Kelebihan Fosfor Pada Tanaman

Sebelum masuk ke materi dampak kelebihan dan kekurangan fosfor, ada baiknya kamu mengetahui fungsi fosfor pada tanaman.

Kegunaan Fosfor Untuk Tumbuhan

Apa fungsi fosfor bagi tumbuhan & manfaat fosfor bagi tumbuhan?

Fungsi fosfor bagi tanaman adalah untuk merangsang pertumbuhan akar atau umbi, pembentukan bunga dan buah, dan memperkokoh tegaknya batang.

Kekurangan Fosfor Pada Tumbuhan

Apa akibat kekurangan fosfor pada tumbuhan ?

Akibat kekurangan fosfor pada tumbuhan dewasa akan menyebabkan tanaman tersebut mudah rebah, proses pematangan menjadi lambat, dan umbi tidak membesar pada tanaman yang menghasilkan umbi. Sedangkan gejala pada tumbuhan akibat kekurangan fosfor pada fase bibit yaitu warna bibit akan menjadi keungu-unguan kemudian menguning.

Di dalam tubuh tanaman, unsur fosfor bersifat mobil. Bilamana terjadi kekurangan pada suatu tanaman, maka fosfor pada jaringan-jaringan tua akan ditranslokasikan ke jaringan yang masih aktif. Oleh sebab itu, gejala-gejala kekurangan unsur ini kadang-kadang sulit diketahui. Tanaman mungkin menderita kekurangan fosfor yang sangat parah, tetapi tanpa menunjukkan gejala-gejalanya dengan jelas. Bila kekurangan ini diketahui, mungkin saat itu sudah terlambat untuk diatasi.

Kelebihan Fosfor Pada Tanaman

Apa saja akibat kelebihan fosfor pada tanaman ?

Kelebihan unsur fosfor bagi tanaman dapat menghambat pertumbuhan tanaman karena terjadinya ikatan N-P yang menyulitkan tanaman menyerap unsur nitrogen. Gejala kelebihan fosfor pada tanaman antara lain daun menjadi pucat layu dan kering.

Itulah beberapa gejala kekurangan dan kelebihan fosfor pada tanaman. Lihat juga kelebihan dan kekurangan nitrogen pada tanaman :)