KEKURANGAN DAN KELEBIHAN KALSIUM PADA TANAMAN

Gejala kekurangan dan kelebihan kalsium pada tanaman & penyakit akibat kekurangan dan kelebihan kalsium itu apa saja sih ?

Fungsi Kalsium Pada Tanaman

Manfaat kalsium pada tanaman adalah untuk merangsang pertumbuhan akar dan mempermudah penyerapan kalium. Unsur ini biasanya juga merupakan faktor pembatas dalam pembentukan dinding sel sehingga secara tak langsung mempengaruhi pembelahan sel.

Kelebihan Kalsium Pada Tanaman

Kelebihan unsur kalsium tidak terlalu banyak mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Akan tetapi, jika kelebihannya terlalu banyak, pada musim kering tanaman bisa mengalami dehidrasi.

Kekurangan Kalsium Pada Tanaman

Apa contoh gejala kekurangan kalsium pada tanaman ?

Kekurangan unsur kalsium pada tanaman ditunjukkan dengan gejala daun-daun muda dan ujung-ujung titik tumbuh tanaman berkeriput kemudian mengering. Daun-daun tua tampak lebih banyak berkeriput. Gejala yang terjadi pada daun ini merupakan akibat dari terhambatnya pertumbuhan sistem perakaran. Efek langsung akibat kekurangan kalsium pada tumbuhan yaitu dapat mengakibatkan terkumpulnya zat-zat lain yang cukup banyak di dalam jaringan sehingga menurunkan daya tumbuh.

Itulah beberapa kumpulan kekurangan dan kelebihan kalsium bagi tumbuhan. Semoga artikel kekurangan dan kelebihan kalsium pada tanaman ini bisa mudah dimengerti. Lihat juga kelebihan dan kekurangan kalium pada tanaman :)