KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KALIUM PADA TANAMAN

Gejala kelebihan dan kekurangan kalium pada tanaman itu apa aja sih ?

Fungsi Kalium Bagi Tanaman

Kegunaan kalium pada tumbuhan adalah sebagai katalisator dalam reduksi nitrat dan dalam reaksi yang mengubah tepung menjadi gula. Unsur ini juga berfungsi dalam hal transportasi hasil fotosintesa dari daun ke seluruhtubuh tanaman.

Kelebihan Kalium Pada Tanaman

Apa dampak & gejala kelebihan kalium pada tanaman ?

Akibat kelebihan kalium pada tumbuhan adalah terhambatnya proses pertumbuhan tanaman karena terjadinya ikatan N-K yang mengakibatkan sulitnya penyerapan unsur nitrogen oleh tanaman. Pada tanaman Cucurbitaceae kelebihan unsur ini menyebabkan daun menjadi kaku, mudah pecah, dan buah retak-retak.

Kekurangan Kalium Pada Tanaman

Apa dampak & gejala kekurangan kalium pada tanaman?

Akibat kekurangan kalium pada tanaman adalah memicu terjadinya penguningan daun, terutama pada bagian pinggir. Menguningnya daun biasanya bersamaan dengan menguningnya jaringan di antara tulang daun, kemudian terjadi bronzing dan nekrosa pada jaringan-jaringan yang telah menguning. Selain itu, kekurangan unsur ini juga menyebabkan tanaman tumbuh kerdil dan mudah rebah.

Nah itulah beberapa akibat & gejala kekurangan dan kelebihan kalium pada tanaman. Lihat juga kekurangan dan kelebihan fosfor pada tanaman :)