KELEBIHAN DAN KEKURANGAN NITROGEN PADA TANAMAN

Kelebihan dan Kekurangan Nitrogen Pada Tanaman

Kelebihan dan kekurangan nitrogen pada tumbuhan ternyata membawa berbagai efek atau dampak yang buruk bagi tanaman. Sebelum membahas mengenai kekurangan dan kelebihan nitrogen pada tanaman secara lebih dalam, ada baiknya kamu mengetahui apa saja kegunaan nitrogen pada tumbuhan.

Fungsi nitrogen pada tanaman

Kegunaan nitrogen pada tanaman / manfaat nitrogen bagi tanaman itu apa saja sih ?

Fungsi nitrogen bagi tumbuhan adalah untuk merangsang pertumbuhan tanaman secara keseluruhan, baik daun maupun batang, karena sejatinya nitrogen merupakan penyusun dari semua protein dan asam nukleik.

Kekurangan Nitrogen Pada Tumbuhan

Apa akibat kekurangan nitrogen pada tumbuhan ?

Kekurangan unsur nitrogen pada tumbuhan dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman tersebut terhambat dengan menunjukkan gejala daun menguning atau pucat. Wama pucat terjadi karena terhambatnya pembentukan klorofil dan umumnya terjadi lebih dahulu pada daun-daun tua, terutama sepanjang tulang-tulang daun.

Selanjutnya terjadi peristiwa pengeringan daun yang dimulai dari bagian bawah lalu ke bagian atas tanaman. Pada tanaman biji-bijian, seperti jagung, pengeringan dimulai dari ujung helai daun ke bawah melalui tulang tengah daun. Akibat kekurangan nitrogen pada tumbuhan juga dapat menyebabkan tebalnya dinding sel dengan ukuran sel yang kecil sehingga daun menjadi keras dan penuh dengan serat-serat.

Kelebihan Nitrogen Pada Tanaman

Apa akibat kelebihan nitrogen pada tanaman ?

Apabila unsur-unsur fosfor, kalium, atau suplai air tidak mencukupi, tanaman dapat menyerap nitrogen dalam jumlah yang berlebihan. Dampak kelebihan nitrogen pada tanaman / gejala kelebihan unsur hara nitrogen biasanya akan memberikan warna gelap, sukulen, pertumbuhan vegetatif yang hebat, dan tanaman mudah rusak karena dingin dan membeku.

Kelebihan unsur nitrogen pada tanaman juga dapat terjadi karena pemupukan dengan dosis tinggi atau dapat juga disebabkan karena pelepasan nitrogen oleh kegiatan mikroorganisme melebihi kecepatan penggunaan oleh tanaman.

Nah itulah beberapa efek kelebihan dan kekurangan nitrogen pada tanaman. Lihat juga syarat kemasan yang baik & standar mutu tomat :)