KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFLOGI TANAMAN DOLAR

Artikel tentang tanaman dolar ini akan menjelaskan ciri ciri tanaman dolar lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman dolar (klasifikasi dan deskripsi tanaman dolar).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Dolar

Tanaman dolar adalah tanaman memanjat atau merambat. Tanaman ini tidak membutuhkan banyak air, di habitat aslinya, dolar tumbuh di padang kering. Tanaman dolar ini berasal dari daerah Afrika seperti Kenya, Zanzibar dan Tanzania.

Tanaman dolar sering ditanam di dalam ruangan sebagai tanaman hias, hal ini karena tanaman dolar tidak terlalu membutuhkan sorotan sinar matahari yang banyak. Selain itu, tanaman dolar juga sering dimanfaatkan untuk melindungi tembok rumah, tembok rumah yang dilindungi oleh tanaman dolar ini akan terlindungi dari sinar matahari dan hujan yang membuat tembok kusam. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi tanaman dolar :


Klasifikasi Tanaman Dolar

Apa klasifikasi ilmiah tanaman dolar ?


Nama ilmiah tanaman dolar atau nama latin tanaman dolar adalah Ficus pumila L. Klasifikasi tumbuhan dolar adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Rosales
FAMILI : Moraceae
GENUS : Ficus L.
SPESIES : Ficus pumila L

Tabel : klasifikasi tanaman dolar


Morfologi Tanaman Dolar

Apa ciri ciri morfologi tanaman dolar / ciri ciri tumbuhan dolar ?


Ciri khusus tanaman dolar / ciri khas tanaman dolar & struktur morfologi tanaman dolar yaitu :

Morfologi Akar Tanaman Dolar

Tanaman dolar memiliki sistem perakaran serabut yang tersebar di batang dan berwarna cokelat.

Morfologi Batang Tanaman Dolar

Tanaman dolar adalah tanaman semak yang hidupnya epifit dengan panjang sekitar 2 sampai 5 meter. Tanaman dolar memiliki batang yang merayap atau memanjat dan berkayu. Bentuk batang tanaman dolar ini bulat dan bercabang-cabang banyak serta warnanya cokelat.

Tanaman dolar digemari karena pangkal batang yang bisa membesar membentuk bonggol yang unik. Masyarakat tradisional sering menggunakan batang daun dolar untuk pengobatan, dipercaya bahwa batang dolar ini berkhasiat untuk menyembuhkan mencret, ambien dan pegal pegal.

Morfologi Daun Tanaman Dolar

Tanaman dolar memiliki daun tunggal yang letaknya berselang seling. Bentuk daun dolar adalah lonjong, bagian tepi daun merata, ujung daun meruncing, dan pangkal daunnya juga meruncing. Panjang daun tanaman dolar sekitar 5 sampai 15 cm dengan lebar antara 2 sampai 7 cm.

Pertulangan daun tanaman dolar menyirip dengan bagian permukaan daunnya kasar. Daun dolar berbentuk simetris dan tebal karena mengandung air.

Morfologi Bunga Tanaman Dolar

Tanaman dolar memiliki bunga tunggal yang berumah satu. Bunga betina tanaman dolar terletak di bawah, duduk di atas bakal buah, sedangkan bunga jantan terletak di bagian atasnya dan berwarna putih.

Morfologi Buah Tanaman Dolar

Tanaman dolar mempunyai buah yang buni. Bentuk buah tanaman dolar menyerupai gasing dengan diameter kira kira 2,5 sampai 6 cm dan berwarna hijau. Biji tanaman dolar berbentuk bulat dan berukuran kecil serta berwarna cokelat.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan dolar secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman dolar ya teman ! Baca juga klasifikasi daun suji :)