KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI ANGGUR

Artikel tentang tumbuhan anggur ini akan menjelaskan ciri ciri anggur lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman anggur (klasifikasi dan deskripsi anggur).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Anggur

Anggur, kalian pasti sudah familiar dengan tanaman ini. Tanaman ini sangat populer karena buahnya yang manis dan menyegarkan ketika dikonsumsi, bisa diolah menjadi aneka jus atau dikeringkan menjadi kismis. Tanaman anggur ini pertama tumbuh di daerah Eropa, Amerika Utara dan Greenland, lalu menyebar ke Asia, termasuk Indonesia.

Tanaman anggur sering dikenal dengan tanaman hari panjang (long day plant) karena tanaman ini membutuhkan musim kemarau panjang berkisar 4 – 7 bulan dan intensitas cahaya matahari yang tinggi agar dapat tumbuh dengan optimal. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi anggur :


Klasifikasi Tanaman Anggur

Apa klasifikasi ilmiah anggur ?


Nama ilmiah anggur atau nama latin anggur adalah Vitis vinifera L. Klasifikasi tumbuhan anggur adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Vitales
FAMILI : Vitaceae
GENUS : Vitis L.
SPESIES : Vitis vinifera L.
SUB SPESIES : Vitis vinifera ssp. sylvestris (C.C. Gmel.) Hegi

Tabel : klasifikasi anggur


Morfologi Tanaman Anggur

Apa ciri ciri morfologi anggur / ciri ciri tumbuhan anggur ?


Ciri khusus anggur / ciri khas anggur & struktur morfologi anggur yaitu :

Morfologi Akar Tanaman Anggur

Anggur termasuk ke dalam kelompok dikotil atau biji berkeping dua. Akar tanaman anggur mempunyai perkembangan yang cepat jika tanahnya gembur, dan jika musim hujan tiba, akar anggur dapat muncul pada akar ranting. Hal ini membuat tanaman anggur mudah diperbanyak dengan cara stek atau cangkok dibandingkan dengan cara generatif (menggunakan biji).

Morfologi Daun Anggur

Struktur daun tanaman anggur terdiri dari helaian daun, tangkai daun dan sepasang daun penumpu. Daun anggur berbentuk menyerupai jantung, bagian tepinya bergerigi dan berlekuk. Pertulangan daun anggur menjari dengan ujungnya yang meruncing dan berbentuk bulat hingga lonjong. Daun anggur adalah daun tunggal, yaitu hanya terdapat satu helai daun pada setiap tangkai. Daunnya tersusun secara selang-seling dan berwarna hijau. Panjang daun sekitar 10 – 14 cm dan lebar 8 – 14 cm.

Morfologi Batang Anggur

Batang anggur mempunyai cabang yang dekat ketinggiannya dengan permukaan tanah, karena sifat percabangan ini maka tanaman anggur termasuk ke dalam golongan tanaman semak. Batang dapat tumbuh dan berkembang sampai diameter 10 cm atau lebih. Pada awal pertumbuhan, batang tanaman anggur selalu mencari penopang, bisa berupa tanaman hidup atau benda mati. Tanaman anggur mempunyai cabang pembelit / pelilit atau yang kita kenal denan sulur, fungsinya untuk melilit benda atau objek di sekitar tanaman sebagai penopang.

Morfologi Bunga Anggur

Bunga anggur muncul pada bagian ranting dan berbentuk malai. Malai muncul sebagai kumpulan bunga yang padat. Satu ranting bisa muncul satu malai atau lebih. Setelah bunga pada malai mekar, bulatan-bulatan kecil atau buah akan tumbuh. Bulatan ini berwarna sesuai dengan jenis varietas tanaman anggur.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan anggur secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman anggur ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi alpukat :)