KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI BUNGA KERTAS

Artikel tentang bunga kertas ini akan menjelaskan ciri ciri bunga kertas lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman bunga kertas (klasifikasi dan deskripsi bunga kertas).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Bunga Kertas

Tanaman bunga kertas atau Bougenvile adalah tanaman hias yang terkenal karena bentuk bunganya indah. Tanaman Bougenville sering dianggap bunga kertas karena bentuk seludang bunganya tidak tebal, tipis seperti kertas. Tanaman bougenville berasal dari Amerika Selatan dan sering ditanam di taman atau kawasan perumahan.

Tanaman bunga kertas atau Bougenville berbentuk pohon kecil, memiliki seludang bunga yang indah. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi bunga kertas :


Klasifikasi Bunga Kertas

Apa klasifikasi ilmiah bunga kertas ?


Nama ilmiah bunga kertas atau nama latin bunga kertas adalah Bougainvillea glabra Choisy. Klasifikasi tumbuhan bunga kertas adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Caryophyllanae
ORDO : Caryophyllales
FAMILI : Nyctaginaceae
GENUS : Bougainvillea Comm.
SPESIES : Bougainvillea glabra Choisy

Tabel : klasifikasi bunga kertas


Morfologi Tanaman Bunga Kertas

Apa ciri ciri morfologi bunga kertas / ciri ciri tumbuhan bunga kertas ?


Ciri khusus bunga kertas / ciri khas bunga kertas & struktur morfologi bunga kertas yaitu :

Morfologi Akar Bunga Kertas

Akar tanaman bunga kertas adalah akar tunggang yang tumbuh secara vertikal, lalu ada akar cabang yang tumbuhnya melebar hingga kedalaman 80 cm.

Morfologi Batang Bunga Kertas

Tanaman bunga kertas adalah tanaman perdu tegak yang tumbuh tegak lurus mencapai 2 sampai 4 meter tingginya. Batang tanaman bunga kertas bersifat kayu, bentuknya bulat dan terdapat duri-duri berukuran kecil. Percabangan bunga kertas adalah monopodial. Warna batang bunga kertas adalah cokelat.

Morfologi Daun Bunga Kertas

Daun tanaman bunga kertas berbentuk melebar dan bulat hingga memanjang. Tepi daun bunga kertas merata. Pertulangan daunnya menyirip atau bertulang tiga hingga lima. Daun pelindung duduk, berbentuk bulat oval dan memiliki panjang kira-kira antara 1,5 sampai 4 cm.

Morfologi Bunga Kertas

Bunga kertas termasuk golongan bunga tidak lengkap, karena hanya terdiri dari tenda bunga, bunga, tangkai, kepala putik, tangkai putik, benang sari, dan tangkai sari. Bunga ini tumbuh pada ketiak daun. Bunga kertas adalah bunga majemuk yang berbentuk seperti payung yang bersusun.

Bunga kertas tersusun dalam anak payung yang bertangkai dan berjumlah 1 sampai 7 anak payung, masing-masing anak payung tadi terdiri dari 3 bunga, kemudian anak payung terkumpul menjadi malai. Tenda bunga berbentuk seperti tabung segi lima, berambut, berwarna hijau dan panjangnya berkisar 1,5 sampai 2,5 cm. bagian bawah tenda bunga agak melembung dan bagian atas rontok.

Tangkai putik bunga kertas lebih pendek, dan kepala putiknya miring. Buah bunga kertas adalah buah buni yang ketika sudah masak berwarna hitam dan mengkilat. Buah bunga kertas memiliki panjang kurang lebih 1 cm, berbiji dua atau berbiji satu dan tidak mempunyai lekukan.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan bunga kertas secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman bunga kertas ya teman ! Baca juga klasifikasi artemisia annua :)