KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI CEMARA KIPAS

Artikel tentang tanaman cemara kipas ini akan menjelaskan ciri ciri cemara kipas lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman cemara kipas (klasifikasi dan deskripsi cemara kipas).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Cemara Kipas

Tanaman cemara kipas adalah tanaman hias yang termasuk dalam keluarga Cupressaceae, orang orang dari Eropa yang pertama kali membudidayakan tanaman cemara kipas sebagai tanaman hias. Tanaman cemara kipas biasanya ditanam di dataran medium dan menyukai lingkungan yang lembab, dan tumbuh secara liar di hutan basah atau rawa rawa.

Selain sebagai tanaman hias, tanaman cemara kipas sering dimanfaatkan sebagai tanaman obat karena daunnya yang berkhasiat untuk mengobati demam, batuk dan mencret. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi cemara kipas :


Klasifikasi Tanaman Cemara Kipas

Apa klasifikasi ilmiah cemara kipas ?


Nama ilmiah cemara kipas atau nama latin cemara kipas adalah Platycladus orientalis (L.) Franco. Klasifikasi tumbuhan cemara kipas adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Pinopsida
SUB KELAS : Pinidae
ORDO : Pinales
FAMILI : Cupressaceae
GENUS : Platycladus Spach
SPESIES : Platycladus orientalis (L.) Franco

Tabel : klasifikasi cemara kipas


Morfologi Tanaman Cemara Kipas

Apa ciri ciri morfologi cemara kipas / ciri ciri tumbuhan cemara kipas ?


Ciri khusus cemara kipas / ciri khas cemara kipas & struktur morfologi cemara kipas yaitu :

Morfologi Akar Cemara Kipas

Tanaman cemara kipas memiliki sistem perakaran tunggang dan warna akarnya putih kekuningan.

Morfologi Batang Cemara Kipas

Tanaman cemara kipas adalah tanaman perdu yang mempunyai tinggi mencapai sekitar 3 sampai 5 meter. Tanaman cemara kipas mempunyai bentuk keseluruhan yang mengerucut, dan sering dijadikan sebagai pohon perayaan Natal. Tanaman cemara kipas memiliki batang yang berdiri tegak dan berbentuk bulat.

Batang cemara kipas mempunyai permukaan yang kasar, dan berwarna cokelat serta percabangan banyak. Kayu tanaman cemara kipas bisa dimanfaatkan sebagai bahan dalam pembuatan pagar, tiang atau perahu.

Morfologi Daun Cemara Kipas

Tanaman cemara kipas mempunyai daun yang majemuk dan berwarna hijau. Cemara kipas memiliki cabang daun yang mengerucut ke samping membentuk layaknya kipas dan bersisik. Daun cemara kipas ini berbentuk pipih seperti jarum jarum yang tumpul.

Morfologi Bunga Cemara Kipas

Tanaman cemara kipas memiliki bunga yang termasuk ke dalam golongan bunga tunggal dan berumah satu. Bunga betina cemara kipas berbentuk seperti lonceng dan terletak di dasar cabang, sedangkan bunga jantan berbentuk seperti cawan bercangap dua dan terletak di bagian ujung cabang serta berwarna hijau.

Morfologi Buah Cemara Kipas

Tanaman cemara kipas memiliki buah kotak yang berbentuk bulat dan keras. Buah kotak adalah kering sejati dan tunggal, serta memiliki jumlah biji yang banyak. buah kotak ini terdiri dari satu atau beberapa daun buah. Diameter buah cemara kipas sekitar 5 sampai 8 mm dan berwarna cokelat. Tanaman cemara kipas memiliki biji yang berbentuk bulat dan pipih serta berwarna cokelat.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan cemara kipas secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman cemara kipas ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi bunga kertas :)