KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI CEMPAKA KUNING

Artikel tentang cempaka kuning ini akan menjelaskan ciri ciri cempaka kuning lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman cempaka kuning / klasifikasi dan deskripsi cempaka kuning.


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Cempaka Kuning

Cempaka kuning (Michelia champaca) adalah pohon yang bunganya harum dan berwarna putih kekuning-kuningan atau kuning. Tanaman cempaka kuning berjenis pohon dengan tinggi kira-kira 15 – 25 meter. Ujung ranting cempaka kuning berambut.

Tanaman cempaka kuning ini berasal dari India, di sana biasanya kayu cempaka dimanfaatkan sebagai mebel, bangunan rumah, pembuatan furnitur, dan lain sebagainya. Tetapi tidak begitu di Indonesia, tanaman ini jarang dimanfaatkan kayunya karena masyarakat lebih menghargai bunganya yang wangi.

Cempaka kuning mempunyai segudang khasiat bagi kesehatan, diantaranya meredakan demam, sakit panas, badan terasa lemah, radang tenggorokan, radang amandel, gangguan pencernaan, rematik, keputihan, haid tidak teratur, cacingan, dan masih banyak lagi. Aplikasi untuk pengobatannya bisa dari luar (pemakaian luar) dan dari dalam. Berikut ini adalah klasifikasi dan morfologi cempaka kuning  :


Klasifikasi Tanaman Cempaka Kuning

Apa klasifikasi ilmiah cempaka kuning ?


Klasifikasi tumbuhan cempaka kuning / nama ilmiah cempaka kuning adalah sebagai berikut:

KINGDOM : Plantae
DIVISI : Angiospermae
SUB DIVISI : Magnoliosida
ORDO : Magnoliales
FAMILI : Magnoliaceae
GENUS : Magnolia
SPESIES : Magnolia champaca

Tabel : klasifikasi cempaka kuning


Morfologi Tanaman Cempaka Kuning

Apa ciri ciri morfologi cempaka kuning / ciri ciri tumbuhan cempaka kuning ?

Berikut ini ciri khusus cempaka kuning :


Morfologi Daun dan Buah

Daun cempaka kuning berbentuk bulat oval lanset, ujung dan pangkal daun meruncing dengan panjang berkisar 2,5 – 11 cm. Bekas daun penumpu pada tangkai daun panjangnya lebih dari pada setengah tangkai daun.

Buah cempaka berbentuk bola yang memanjang dan sedikit bengkok. Pada mulanya, buah berwarna hijau, lalu kemudian berubah menjadi abu-abu pucat dan tertutup dengan jerawat. Biji yang masak berwarna merah tua.

Morfologi Bunga Cempaka Kuning

Ciri-ciri bunga cempaka kuning yaitu berwarna oranye dan aromanya sangat harum. Daun tenda bunga cempaka kuning panjangnya sekitar 3 – 5 cm, yang bagian terdalam lebih sempit dan lebih runcing dari pada yang terluar. Bakal buah berjumlah lebih dari 20, letaknya berjejal-jejal, berbentuk telur yang pipih, mempunyai rambut-rambut, dan masing-masing memiliki bakal biji yang banyak.

Selain bunganya yang wangi, cempaka kuning juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Bagian daun cempaka kuning bermanfaat untuk mengobati batu ginjal, mulas dan nafas bau. Lalu bagian kulit kayu berkhasiat untuk mengobati demam. Kadang, aroma wangi pada bunga juga sering digunakan untuk pembuatan aroma shampo.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan cempaka kuning secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri khas cempaka kuning ya ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi tanaman belimbing :)