KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI CEMPAKA PUTIH

Artikel tentang cempaka putih ini akan menjelaskan ciri ciri cempaka putih lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman cempaka putih / klasifikasi dan deskripsi cempaka putih.


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Cempaka Putih

Pohon cempaka adalah tanaman pekarangan yang populer karena bunganya yang memiliki aroma yang kuat. Tanaman ini populer di negara-negara Asia Timur, termasuk Indonesia. Tanaman cempaka putih ini juga sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias, tanaman penghijauan, atau pohon peneduh di tepi jalan.

Kantil, sebutan lain untuk tanaman ini, bisa tumbuh mencapai 30 meter dan berbau harum. Secara botani, cempaka putih adalah hasil persilangan antara Magnolia champaca dengan Magnolia montana. Berikut ini adalah klasifikasi dan morfologi cempaka putih  :


Klasifikasi Tanaman Cempaka Putih

Apa klasifikasi ilmiah cempaka putih ?


Klasifikasi tumbuhan cempaka putih dan nama ilmiah cempaka putih adalah sebagai berikut:

KINGDOM : Plantae
DIVISI : Angiospermae
SUB DIVISI : Magnoliosida
ORDO : Magnoliales
FAMILI : Magnoliaceae
GENUS : Magnolia
SPESIES : Magnolia x alba

Tabel : klasifikasi cempaka putih


Morfologi Tanaman Cempaka Putih

Apa ciri ciri morfologi cempaka putih ?


Ciri khusus cempaka putih / ciri khas cempaka putih :

Daun

Daun tanaman cempaka putih adalah daun tunggal, letaknya berselang-seling atau spiral dan kadang bercuping. Bagian tepi daun merata dan daun penumpu menyelubungi kuncup daun. Bentuk daun cempaka putih menyerupai bulat oval memanjang dengan bagian pangkal dan ujung daun runcing.

Batang

Tanaman cempaka putih adalah tanaman pohon dan berkayu dengan ketinggian mencapai kira-kira 30 meter. Kayu cempaka putih berkualitas cukup baik dan sering digunakan dalam industri mebel karena mempunyai struktur yang indah, namun di Indonesia, kayu cempaka putih jarang diperdagangkan karena masyarakat lebih menghargai bunganya yang harum. Kayu yang digunakan dalam tanaman cempaka putih biasanya dari pohon yang sudah tidak berbunga lagi.

Morfologi Bunga Cempaka Putih

Perbungaan tanaman cempaka putih yaitu bunga tunggal yang terminal, biseksual, aktinomorf dengan reseptakulum yang memanjang. Daun tendanya berjumlah 6 hingga banyak, terlihat jelas, kadang 3 tenda terluat termodifikasi seperti daun kelopak dan menyirap. Benang sarinya berjumlah banyak dengan tangkai sari tebal dan pendek, dan serbuk sari monosulkat.

Bunga cempaka melepaskan aroma yang harum. Aromanya ini menjadi komponen utama salah satu perusahaan parfum dari Prancis, Joy. Tanaman cempaka bisa diperbanyak dengan secara vegetatif (metode cangkok) atau generatif (melalui biji). Tanaman cempaka putih adalah hasil persilangan antara Magnolia champaca dan Magnolia montana, menjadi Magnolia x alba.

Bakal buah banyak dan terlihat jelas pada reseptakulum yang memanjang, menumpang dengan plasentasi lateral. Bakal biji biasanya berjumlah dua tiap bakal buah, dan kadang-kadang banyak. Tidak ada kelenjar madu. Buah ganda atau bumbung, terkadang berdaging.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan cempaka putih secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri-ciri tumbuhan cempaka putih ya ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi cempaka kuning :)