KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI DAMAR

Artikel tentang damar ini akan menjelaskan ciri ciri damar lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman damar (klasifikasi dan deskripsi damar).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Damar

Tanaman damar adalah tanaman hutan yang sering dimanfaatkan sebagai pembungkus kabel di laut atau tanah. Tidak banyak orang yang mengetahui tentang tanaman damar, karena tentu saja letak habitatnya di hutan.

Meskipun begitu, banyak manfaat yang bisa diambil dari tanaman ini, selain sebagai bahan pembungkus kabel, kayu pohon damar juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatana perahu boat. Kayu pohon damar juga bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kertas, alat rumah tangga, alat musik dan alat olahraga. Berikut ini adalah klasifikasi dan morfologi damar  :


Klasifikasi Tanaman Damar

Apa klasifikasi ilmiah damar ?


Klasifikasi tumbuhan damar dan nama ilmiah damar adalah sebagai berikut:

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Tracheobionta
DIVISI : Magnoliophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUB KELAS : Dillendiidae
ORDO : Theales
FAMILI : Dipterocarpaceae
GENUS : Shorea
SPESIES : Shorea hopea

Tabel : klasifikasi damar


Morfologi Tanaman Damar

Apa ciri ciri morfologi damar / ciri ciri tumbuhan damar ?

Ciri khusus damar / ciri khas damar :


Tanaman damar merupakan tanaman pohon bermusim tahunan. Tanaman ini tumbuh di hutan primer seperti, di kawasan hutan Lampung, Sumatera Selatan, Sulawesi, Kalimantan dan Papua. Tinggi pohon ini bisa mencapai kira-kira 30 hingga 40 meter. Akar tanaman damar adalah akar tunggang yang kuat dan berwarna kecokelatan. Akar ini mempunyai khasiat sebagai obat luka.

Batangnya berwarna abu-abu, tumbuh tegak lurus, berkayu, berbentuk bulat dan berlentisel. Batang ini mempunyai getah yang mengandung unsur kimia resin, sering dimanfaatkan sebagai obat gosok, bahan cat, kosmetik, plastik dan bahkan korek api.

Morfologi daun damar merupakan daun tunggal dan letak daunnya saling berhadapan. Bentuk daun tanaman ini lonjong dan tebal. Bagian tepi daun merata dengan ujung dan pangkal daun runcing. Panjang daun tanaman damar kurang lebih 10 cm dan lebarnya kira-kira 5 cm. pertulangan daun menyirip dengan tangkai yang panjangnya sekitar 2 cm. warna daun hijau dan mengkilat.

Bunga tanaman damar yaitu bunga majemuk dan berumah satu, warnanya merah kecokelatan. Bunga jantan bertumpuk pada tunas yang masih muda. Bentuk bunganya yaitu silindris dengan ujungnya yang runcing. Bunga tanaman damar bersisik.

Lalu, morfologi buah tanaman damar berbentuk lonjong, berperisai pipih seperti sisik, panjangnya kurang lebih 6 mm dan berwarna putih kekuningan. Di dalam buah terdapat biji yang bentuknya pipih dan berwarna putih.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan damar secara singkat. Semoga menambah pengetahuian kamu mengenai ciri ciri tanaman damar ya ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi cengkeh :)