KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI DAUN DEWA

Artikel tentang daun dewa ini akan menjelaskan ciri ciri daun dewa lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman daun dewa (klasifikasi dan deskripsi daun dewa).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Daun Dewa

Daun Dewa atau Gynura divaricate, adalah tanaman yang dimanfaatkan untuk pengobatan. Tanaman Daun Dewa bisa tumbuh di ketinggian antara 200 hingga 800 meter di atas permukaan air laut., berkembang biak dengan umbi atau perbanyakan vegetatif (stek batang).

Bagian tanaman yang sering dimanfaatkan untuk sarana pengobatan yaitu bagian daun, karena mengandung senyawa kimia flavonoid, saponin dan minyak atsiri. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi daun dewa :


Klasifikasi Tanaman Daun Dewa

Apa klasifikasi ilmiah daun dewa ?


Nama ilmiah daun dewa atau nama latin daun dewa adalah Gynura divaricata. Klasifikasi tumbuhan daun dewa adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
ORDO : Asterales Link
FAMILI : Asteraceae Bercht. & J.Presl
GENUS : Gynura Cass.
SPESIES : Gynura divaricata (L) DC

Tabel : klasifikasi daun dewa


Morfologi Tanaman Daun Dewa

Apa ciri ciri morfologi daun dewa / ciri ciri tumbuhan daun dewa ?


Ciri khusus daun dewa / ciri khas daun dewa & struktur morfologi daun dewa yaitu :

Morfologi Akar Daun Dewa

Akar daun dewa adalah akar serabut, berwarna kuning muda dan membentuk umbi yang berwarna keabu-abuan. Umbi ini berukuran panjang 3 sampai 6 cm dengan diameter 3 cm, dan berfungsi sebagai cadangan makanan. Tanaman ini merupakan tanaman terna tahunan.

Morfologi Batang Daun Dewa

Batang tanaman daun dewa pendek dan lunak, tumbuhnya tegak lurus ke atas dengan tinggi 30 sampai 45 cm. bentuk batangnya yaitu segi lima, mempunyai rambut atau bulu-bulu yang halus, penampang lonjong dan berwarna kehijauan.

Morfologi Daun Tanaman Dewa

Daun tanaman dewa termasuk ke dalam golongan berdaun tunggal yang letaknya tersebar mengelilingi bagian batang. Bentuknya bulat lonjong, berdaging dan berbulu halus. Ujung daun ini lancip dengan pangkal yang meruncing, tepi bertoreh dan pertulangan daun menyirip. Tangkainya pendek, panjang daun sekitar 20 cm dengan lebar 10 cm dan berwarna hijau.

Morfologi Bunga Daun Dewa

Bunga tanaman daun dewa merupakan bunga majemuk yang tumbuh di bagian ujung batang dan berbentuk seperti bongkol. Bunga daun dewa berbulu, kelopaknya berwarna hijau dan berbentuk seperti cawan, sedangkan benang sarinya berwarna kuning dan berbentuk seperti jarum. Biji daun dewa berwarna cokelat dan berbentuk jarum, panjangnya sekitar 0.5 cm.

Manfaat Daun Dewa

Manfaat yang dihasilkan dari tanaman daun dewa yaitu meredakan rasa nyeri, anti radang, menurunkan darah tinggi, dan penurun panas. Cara pengolahannya bisa dari daun segar yang disajikan langsung, diolah menjadi sayuran, atau pun diekstrak dan dikeringkan.

Cara pengolahan daun dewa dengan cara diekstrak yaitu, pertama daun dibersihkan/disterilkan lalu dikeringkan. Setelah benar-benar kering, daun digerus hingga berbentuk seperti tepung, kemudian hasil gerusan disaring agar tepung lebih halus. Ekstrak daun dewa siap untuk dimasukkan dalam kapsul.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan daun dewa secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman daun dewa ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi cocor bebek :)