KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI DURIAN

Artikel tentang durian ini akan menjelaskan ciri ciri durian lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman durian (klasifikasi dan deskripsi durian).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Durian

Aromanya yang khas dan rasanya yang manis membuat kita sulit berhenti untuk tidak jatuh cinta dengan buah dari tanaman ini. Yup, buah durian ini sudah jadi favorit masyarakat Indonesia. Setiap musim durian tiba, akan ada orang-orang yang berjualan durian di pinggir jalan. Tanaman durian ini dapat tumbuh baik di Indonesia yang beriklim tropis.

Panjang buah durian yang matang bisa mencapai 30-45 cm dengan lebar 20-25 cm dan berat antara 1,5 hingga 2,5 kg. Setiap buah berisi sekitar 5 juring yang di dalamnya terletak 1-5 biji yang diselimuti daging buah berwarna putih, krem, kuning, atau kuning tua. Besar kecilnya ukuran buah, rasa, tekstur dan ketebalan daging berbeda-beda tergantung menurut varietasnya. Berikut ini adalah klasifikasi dan morfologi durian  :


Klasifikasi Tanaman Durian

Apa klasifikasi ilmiah durian ?


Klasifikasi tumbuhan durian / nama ilmiah durian adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
ORDO : Malvales
FAMILI : Malvaceae
GENUS : Durio Adans
SPESIES : Durio zibethinus Murray

Tabel : klasifikasi durian


Morfologi Tanaman Durian

Apa ciri ciri morfologi durian / ciri ciri tumbuhan durian ?

Ciri khusus durian / ciri khas durian :


Tanaman durian sering disebut sebagai pohon hutan dan umumnya berukuran sedang sampai besar yang tingginya mencapai 50 m dan umurnya dapat mencapai puluhan hingga ratusan tahun. Bentuk atau tajuk pohonnya mirip segitiga dengan kulit batang berwarna merah coklat gelap, kasar dan kadang terkelupas.

Morfologi Daun Durian

Daun tanaman durian bervariasi sesuai varietasnya. Bentuk daun daun durian ada yang berbentuk melonjong, melanset, dan melonjong melanset. Panjang ujung daun durian umumnya kurang dari 2 cm, bentuk pangkal daun durian ada 2, yaitu menumpul dan membundar.

Lipatan daun pada buah durian juga sangat beragam, ada yang berbentuk tidak melipat (rata), tersengkung masuk incurve) membentuk huruf U, dan terlengkung balik (recurve). Bunga dari pohon durian memiliki panjang kelopak tambahan dengan ukuran kurang dari 2 cm.

Morfologi Buah Durian

Buah tanaman durian memiliki alat kelamin jantan dan betina dalam satu bunga sehingga tergolong buah sempruna. Aroma buahnya cukup menyengat. Sesuai namanya Durian, kulit buah durian ini mempunyai duri-duri yang keras dan tajam.

Tekstur daging buah sangat tergantung pada kandungan senyawa hemiselulosa, pectin dan gum. Struktur daging buah durian sendiri beragam, ada yang tipis dan tebal. Buah durian berwarna hijau hingga kecoklatan, tertutup dengan kulit berduri dan keras yang menyerupai pyramid lebar, panjangnya sektiar 1 cm. tiap pohon durian mampu menghasilkan buah sekitar 80-100 butir, bahkan hingga 200 buah pada pohon yang berumur tua.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan durian secara singkat. Semoga menambah wawasan kamu dalam mengenal ciri ciri tanaman durian ya ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi damar :)