KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI ECENG GONDOK

Artikel tentang tanaman eceng gondok ini akan menjelaskan ciri ciri eceng gondok lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman eceng gondok (klasifikasi dan deskripsi eceng gondok).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Eceng Gondok

Eceng gondok adalah tanaman yang mengapung di permukaan air. Tanaman ini sering dianggap sebagai gulma yang bisa merusak lingkungan perairan. Hal ini karena sifat eceng gondok yang tumbuh di permukaan air dan laju pertumbuhannya cepat. Eceng gondok yang tumbuh di atas permukaan air memblok sinar matahari, sehingga kehidupan di perairan terganggu karenanya.

Orang pertama yang menemukan tanaman eceng gondok adalah ahli botani dari Jerman yang bernama Carl Friedrich Philipp von Martius pada abad ke 19, saat ekspedisi di sungai Amazon, Brazil. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi eceng gondok :


Klasifikasi Tanaman Eceng Gondok

Apa klasifikasi ilmiah eceng gondok ?


Nama ilmiah eceng gondok atau nama latin eceng gondok adalah Eichhornia crassipes. Klasifikasi tumbuhan eceng gondok adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Commelinales
FAMILI : Pontederiaceae
GENUS : Eichhornia Kunth
SPESIES : Eichhornia crassipes (Mart.) Solms

Tabel : klasifikasi eceng gondok (eichhornia crassipes)


Morfologi Tanaman Eceng Gondok

Apa ciri ciri morfologi eceng gondok / ciri ciri tumbuhan eceng gondok ?


Ciri khusus eceng gondok / ciri khas eceng gondok & struktur morfologi eceng gondok yaitu :

Tanaman eceng gondok adalah tanaman berumur perennial yang mengapung jika airnya dalam, atau berakar jika airnya dangkal. Eceng gondok berkembangbiak secara vegetatif atau generatif, dan termasuk tanaman yang cepat berkembang biak karena dari 10 tanaman eceng gondok, bisa menjadi 600.000 tanaman baru dalam kurun waktu 8 bulan. Eceng gondok bisa tumbuh dengan ketinggian sekitar 40 sampai 80 cm. Tanaman eceng gondok yang tumbuh di air yang kaya unsur hara memiliki batang yang panjang, tetapi akarnya lebih pendek.

Morfologi Akar Eceng Gondok

Akar eceng gondok adalah akar serabut dan tidak bercabang, serta memiliki tudung akar. Akar eceng gondok ditumbuhi oleh bulu-bulu akar atau serabut akar yang berfungsi layaknya jangkar bagi tanaman. Ujung akar eceng gondok memiliki kantung akar yang berwarna merah jika di bawah sinar matahari. Akar eceng gondok bisa mengumpulkan lumpur atau partikel yang terlarut dalam air.

Morfologi Daun Eceng Gondok

Daun eceng gondok termasuk dalam jenis makrofita yang terletak di atas permukaan air. Dalam daun eceng gondok ini terdapat lapisan rongga udara yang fungisnya sebagai alat pengapung tanaman. Rongga udara ini terdapat di akar, batang dan daun yang berguna dalam proses respirasi.

Tangkai eceng gondok berbentuk bundar dan berongga, rongga-rongga udara kemudian dibatasi oleh dinding pembatas berupa selaput tipis berwarna putih. Stomata pada eceng gondok dua kali lebih besar dari kebanyakan tanaman lainnya.

Morfologi Bunga Eceng Gondok

Bunga eceng gondok adalah bunga majemuk yang berjumlah 6 sampai 35. Bentuk bunganya berupa karangan bulir dengan putik tunggal. Bunga eceng gondok mempunyai tangkai dan warna mahkotanya lembayung muda.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan eceng gondok secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman eceng gondok ya teman ! Baca juga klasifikasi tanaman dolar :)